Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting AutoPlay Default di Windows 10/11


AutoPlay di Windows adalah salah satu fitur berguna yang memungkinkan anda untuk mengonfigurasi perilaku perangkat atau drive eksternal saat anda mencolokkannya ke komputer anda. Misalnya, ketika anda mencolokkan drive yang dapat dilepas, anda dapat membuat Windows secara otomatis memutar media di dalamnya, buka drive dengan File Explorer, buat backup system anda, dll. Sama bermanfaatnya dengan itu, fitur AutoPlay pada Windows kadang-kadang bisa menjengkelkan.

Inilah cara anda dapat mengatur Autoplay default di Windows 10 atau Windows 11.


1. Mengatur Autoplay Defaults dari Jendela Settings

Menyiapkan pengaturan standar Autoplay di Windows 10 atau Windows 11 mudah. Untuk memulai, buka Settings di Start menu atau dari Notification di bagian kanan taskbar anda.

Setelah jendela Settings terbuka, pilih opsi Devices, kemudian pilih opsi Autoplay dipanel kiri.

Tindakan ini akan menampilkan pengaturan Autoplay anda saat ini di panel kanan. Tergantung pada drive yang anda miliki, anda akan melihat opsi yang sesuai. Misalnya, karena PC saya tidak memiliki drive CD/DVD, saya tidak memiliki opsi untuk mengatur ke pengaturan default.

Untuk menetapkan tindakan default, cukup klik pada menu drop-down di bawah jenis perangkat dan pilih opsi yang sesuai. Dalam kasus saya, saya mengatur Autoplay untuk membuka drive di File Explorer.


Catatan:

  • Jika anda ingin Autoplay meminta setiap kali apa yang harus dilakukan ketika anda mencolokkan perangkat anda, maka pilih opsi Ask me every time.
  • Jika anda tidak ingin Autoplay dijalankan untuk jenis perangkat tertentu, maka pilih opsi Take no action.
  • Jika anda ingin sepenuhnya menonaktifkan fitur Autoplay, maka matikan tombol di bawah Use AutoPlay for all media and devices.



2. Atur AutoPlay Defaults dari Control Panel

Jika anda ingin kontrol lebih besar tentang perilaku Autoplay pada Windows, maka menggunakan Control Panel adalah cara terbaik untuk melakukannya.

  • Untuk melakukan itu, cari Control Panel di Start menu dan buka.
  • Setelah Control Panel terbuka, temukan dan pilih opsi AutoPlay.
  • Dari sini anda dapat mengatur AutoPlay default untuk setiap jenis perangkat dan jenis media.



3. Tetapkan AutoPlay Defaults dari Group Policy

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Autoplay menggunakan Group Policy Editor Windows. Metode ini dikhususkan untuk pengguna Windows versi Pro dan Enterprise. Sementara untuk pengguna versi Home, gunakan dua metode diatas, atau jika anda ingin menggunakan metode ini maka anda harus terlebih dahulu mengaktifkan group policy editor di PC anda.

  • Untuk melakukan itu tekan Win + R, ketik gpedit.msc dan tekan Enter atau OK.


  • Tindakan di atas akan membuka Group Policy Editor. Disini, navigasikan ke kebijakan berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - AutoPlay Policies

  • Temukan dan klik doble pada kebijakan Turn off Autoplay yang muncul di panel kanan.


  • Tindakan di atas akan membuka jendela pengaturan kebijakan Autoplay. Pilih tombol Enabled untuk menonaktifkan Autoplay Windows. Jika mau, anda juga dapat memilih jenis perangkat di bawah panel Opsi.



Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang fitur Autoplay di Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Setting AutoPlay Default di Windows 10/11"