Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Recent Items dan Frequent Place di Windows 10


Jika anda pernah mengeklik kanan ikon aplikasi di taskbar atau di Start menu, anda mungkin telah melihat bahwa Windows menampilkan daftar item terbaru yang telah anda buka dengan aplikasi itu. Bahkan, Windows juga menunjukkan file yang baru dibuka dan juga tempat yang sering diakses di menu file File Explorer. Ini sangat membantu bagi sebagian pengguna. Namun, jika anda tidak menggunakan fitur ini atau tidak suka menampilkan item terbaru dan tempat yang sering anda gunakan untuk alasan privasi, anda dapat dengan mudah menonaktifkannya.


Nonaktifkan Recent Items dari Settings App

Jika anda hanya ingin menonaktifkan recent items dan frequent places (tempat-tempat yang sering digunakan) untuk user account anda, dengan demikian anda dapat menggunakan Settings app untuk melakukan itu. Ini lebih cepat dan mudah dikonfigurasi dari Settings app. Ini tidak perlu peretasan registry atau mengubah policy.

  • Untuk membuka Settings app, klik ikon Notifications yang muncul di sudut kanan bawah, lalu klik tombol All Settings.


  • Pada Settings app, buka Personalization dan kemudian Start yang muncul di panel  kiri. Di panel kanan, alihkan tombol di bawah Show recently opened items in Jump Lists on Start or the taskbar ke Off.


Segera setelah anda beralih ke posisi Off, recent items dan frequently places akan segera dimatikan. Jika anda ingin mengaktifkannya, cukup alihkan tombol ke posisi Aktif.


Nonaktifkan Recent Items Menggunakan Group Policy (All Users)

Sementara Settings app memungkinkan anda untuk menonaktifkan recent items dan frequently places pada basis per akun, itu tidak memiliki pilihan untuk menonaktifkannya untuk semua pengguna. Untuk itu, anda perlu memodifikasi kebijakan dalam Group Policy Editor yang tersedia untuk semua pengguna Pro dan Enterprise. Metode ini sangat berguna untuk administrator system.
  • Buka Run (Win + R), dan ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor. Selanjutnya, masuk ke User Configuration - Administrative Templates - Start Menu and Taskbar.
  • Pada panel kanan temukan dan klik doble pada kebijakan Do not keep history of recently opened documents. Ini adalah kebijakan yang memungkinkan anda mengaktifkan atau menonaktifkan item terbaru dan tempat yang sering dikunjungi.

  • Dalam jendela ini pilih opsi Enabled dan klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan kebijakan.


  • Perubahan Group Policy memerlukan Restart system atau pembaruan paksa untuk menerapkan perubahan, jadi Restart system atau jalankan gpupdate /force di command prompt sebagai administrator.

Untuk mengaktifkan fitur recent items dan frequent places, anda hanya perlu memilih opsi Disabled atau Not Configured.


Nonaktifkan Recent Items dari Registry (All Users)

Jika anda menggunakan versi Windows 10 Home dan perlu mematikan Recent Items dan favorite places untuk semua pengguna di system anda, maka anda dapat menggunakan Registry Editor.
  • Pertama, tekan Win + R, ketikkan regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Windows. Sekarang, salin jalur di bawah ini, tempelkan di address bar dan tekan Enter untuk masuk ke key target.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer



  • Di panel kanan, lihat apakah anda memiliki value bernama NoRecentDocsHistory. Jika anda memiliki value tersebut, lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, buat value baru dengan cara klik kanan di ruang kosong dan pilih New - DWORD (32-bit) Value. Beri nama value sebagai NoRecentDocsHistory.


  • Klik doble pada value yang baru dibuat dan tetapkan value data ke 1.


  • Anda sekarang berhasil menonaktifkan recent items dan frequent places di Windows 10. Agar perubahan diterapkan, Restart system anda.


Jika anda ingin mengembalikan perubahan untuk mengaktifkan kembali fitur ini, ubah kembali value data ke 0 untuk menghapus value NoRecentDocsHistory.

Hanya itu saja yang dapat anda lakukan dan sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar dibawah untuk membagi pemikiran anda dalam mengikuti tutorial di blog ini. GBU

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Recent Items dan Frequent Place di Windows 10"