Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus dan Mengembalikan Folder 3D Objects dari File Explorer di Windows 10


Ketika anda meng-upgrade Windows 10 ke Fall Creators Update, anda akan melihat folder baru bernama 3D Objects di File Explorer. Folder ini adalah bagian dari aplikasi Paint 3D yang memungkinkan anda untuk membuat konten yang berhubungan dengan 3D dan juga dianggap sebagai upgrade ke MS Paint yang lama. Karena urutan penyortiran, folder objek 3D adalah yang pertama muncul ketika Anda membuka File Explorer. Jika anda tidak menggunakan Paint 3D atau tidak suka dengan folder baru tersebut yang menghabiskan ruang anda, anda dapat menghapusnya dari File Explorer.


Hapus Folder 3D Objects di Windows 10

Untuk menghapus folder 3D Objects dari File Explorer, tak segampang anda menekan Delete dan hilang dari File Explorer. Yang harus dilakukan adalah kita perlu menghapus beberapa Registry Key. Dan untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Untuk membuka Windows Registry Editor, cari regedit di pencarian Cortana dan buka. Sebelum melanjutkannya, buat backup Registry Windows terlebih dahulu. Backup Registry membantu anda mengembalikannya jika sesuatu yang buruk terjadi saat anda mengedit.


  • Di Windows Registry Editor, salin jalur di bawah ini, tempelkan ke bilah alamat dan tekan tombol Enter. Tindakan ini akan membawa anda ke key yang relevan.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace

  • Setelah anda berada disini, temukan key {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A} di panel kiri, klik kanan di atasnya dan pilih opsi Delete.


  • Windows akan meminta konfirmasi. Klik pada tombol Yes untuk melanjutkan.


  • Sekarang, jika anda menggunakan Windows versi 32-bit, maka anda selesai. Jika anda menggunakan versi 64-bit, anda harus menghapus key lainnya. Arahkan ke lokasi berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace

  • Temukan key {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A} pada panel kiri, klik kanan padanya dan pilih opsi Delete.


  • Sekali lagi, Windows akan meminta konfirmasi anda. Klik pada tombol Yes untuk melanjutkan.


Ingat bahwa anda baru saja menghapus folder tersebut agar tidak muncul. Namun anda masih dapat mengaksesnya dengan memasukkan C:\Users\<username>\3D Objects di bilah alamat File Explorer.


Kembalikan Folder 3D Objects di Windows 10

Di masa depan, jika anda ingin mengembalikan folder 3D Objects, maka yang harus anda lakukan adalah membuat key yang dihapus. Dan untuk melakukannya, silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Untuk mengembalikan key, buka Notepad, copy dan paste kode di bawah ini dan simpan file dengan ekstensi .reg. Dalam kasus saya, saya telah menyimpannya dengan nama Restore 3D Objects Key.reg.

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace\{0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A}]


  • Sekarang, klik doble pada file yang baru anda buat untuk mengembalikan key. Windows akan menampilkan prompt. klik tombol Yes untuk melanjutkan.


  • Jika anda menggunakan Windows 10 versi 64-bit, maka anda perlu mengembalikan key lainnya. Buka Notepad, copy dan paste kode di bawah ini dan simpan dengan ekstensi .reg. Saya telah menyimpan file saya dengan nama Restore 3D Objects Key 64-bit.reg.

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace\{0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A}]
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace\{0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A}]

  • Sekarang, klik doble pada file yang baru dibuat untuk mengembalikan key. Windows kembali akan menampilkan prompt dan silahkan klik tombol Yes untuk melanjutkan.


Segera setelah anda mengembalikan key tersebut, folder 3D Objects akan muncul di File Explorer. Jika tidak, Restart Windows anda untuk memastikan perubahan diterapkan.

Sekian. Semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Menghapus dan Mengembalikan Folder 3D Objects dari File Explorer di Windows 10"