Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenkripsi File dan Folder Dengan EFS di Windows


Salah satu fitur Windows yang kurang dikenal adalah Encrypted File System (EFS). EFS memungkinkan anda untuk mengenkripsi file dan folder dengan cepat di system Windows pilihan anda menggunakan user account anda sendiri. Karena file dienkripsi menggunakan kata sandi akun pengguna Windows, pengguna lain di system anda, termasuk administrator, tidak dapat membuka, memindahkan, atau memodifikasi file dan folder. System enkripsi ini sangat membantu jika anda memiliki file yang tidak begitu penting tetapi tidak ingin pengguna lain di system anda melihatnya.

EFS benar-benar berbeda dari BitLocker; itu tidak seaman BitLocker atau software enkripsi lainnya. Ini karena siapa pun yang memiliki akses ke akun pengguna anda dapat dengan mudah mengakses file dan folder tanpa perlu kata sandi atau otentikasi tambahan.

Catatan: Anda tidak dapat mengenkripsi seluruh drive atau partisi menggunakan EFS. Ini hanya berfungsi dengan file dan folder.


Enkripsi File dan Folder di Windows Menggunakan EFS

Mengenkripsi file dan folder menggunakan EFS sangat mudah. Yang harus anda lakukan adalah memilih kotak ceklist dan membackup sertifikat keamanan. Untuk memulai, pilih folder yang ingin Anda enkripsi dengan EFS, klik kanan padanya dan pilih opsi Properties.

Setelah jendela Folder Properties dibuka, klik tombol Advanced pada tab General.


Tindakan ini membuka jendela Advanced Properties. Beri ceklist pada kotak Encrypt contents to secure data dan klik tombol OK.


Kemudian di jendela Properties klik tombol Apply, dan akan muncul jendela konfirmasi baru untuk mengkonfirmasi perubahan atribut. Cukup pilih tombol Apply changes to this folder, subfolders, and files, dan klik tombol OK.


Sebagai indikator visual bahwa anda telah berhasil mengenkripsi file dan folder terpilih dengan EFS, anda akan melihat lock icon di atas semua file dan folder yang dienkripsi.

Setelah anda selesai mengenkripsi, Windows akan meminta anda untuk membuat cadangan kunci enkripsi sehingga anda dapat mendekripsi file dan folder jika anda kehilangan akses ke akun pengguna anda. Temukan backup icon di taskbar dan klik doble.


Tindakan ini akan membuka kotak Dialog EFS Backup. Pilih opsi Back up now.


Segera setelah anda mengklik opsi, Certificate Wizard akan terbuka. Disini klik tombol Next untuk melanjutkan.


Di jendela ini pastikan bahwa opsi dipilih seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah, dan klik tombol Next.


Sekarang, beri ceklist pada kotak Password, masukkan kata sandi yang kuat dan klik tombol Next untuk melanjutkan.


Klik tombol Browse, dan pilih tempat anda ingin menyimpan sertifikat. Di jendela utama klik Next untuk melanjutkan.


Akhirnya, Windows menunjukkan inti dari semua pengaturan yang baru saja anda lakukan. Tinjau mereka dan klik tombol Finish.


Setelah prosedur selesai, anda akan menerima pesan yang memberi tahu anda hal yang sama. Seperti yang saya katakan sebelumnya, file ini sangat penting karena memungkinkan anda mendekripsi file dan folder anda jika anda kehilangan akses ke akun pengguna Windows anda. Pastikan anda telah menyimpan sertifikat di tempat yang aman.


Setelah anda selesai mengenkripsi file, tidak ada pengguna di system anda yang dapat membuka file anda, bahkan bukan administrator. Selain itu, mereka bahkan tidak bisa memindahkan atau menyalin file. Jika mereka mencoba melakukannya, mereka akan melihat pesan error.

Sekali lagi, ini bukan cara paling aman untuk mengenkripsi file penting atau rahasia anda, tetapi ini merupakan alternatif yang baik untuk penggunaan umum. Jika anda memiliki file rahasia atau penting, anda lebih baik menggunakan BitLocker atau software enkripsi lainnya.

Sekian! Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang enkripsi file dan folder anda dengan EFS. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengenkripsi File dan Folder Dengan EFS di Windows"