Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses Aplikasi dari Lock Screen Windows 10/11


Tombol Ease of Access pada lock atau login screen Windows 10 dan Windows 11 (ikon yang mirip dengan jam di sebelah tombol power) dapat menjadi vital bagi orang yang mengalami kesulitan mendengar atau melihat. Atau boleh dikatakan untuk pengguna tuna netra dan tuna rungu.

Namun, jika anda bukan salah satu dari orang-orang ini, anda mungkin bahkan tidak mengetahui bahwa tombol ini ada, jadi mengapa tidak menggunakannya kembali dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna untuk diri anda sendiri? Saya akan menunjukkan cara membuat berbagai aplikasi yang tersedia dari login screen Windows - apakah itu menulis software, command prompt (jika anda senang menghindari keamanan Windows Defender), atau Notepad sehingga anda dapat dengan cepat mencatat semuanya tanpa harus masuk ke Windows 10 atau Windows 11 anda.

Catatan: Metode ini akan melibatkan pembuatan beberapa tweak ke registry anda. Ini tidak terlalu rumit, tetapi anda harus selalu membuat backup registry atau membuat system restore point anda sebelum membuat perubahan apapun disini.

Jika anda sudah siap melakukannya, mari kita mulai langkah-langkahnya.
  • Pertama, buka Registry Editor dengan mekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter. Anda juga dapat membukanya melalui Search Windows dengan mengetik registry atau regedit.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mengcopy jalur dan mempastenya ke address bar registry editor kemudian tekan Enter untuk mempermudah penelusuran.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options


  • Di panel sebelah kiri, klik kanan pada folder/key Image File Execution Options, kemudian pilih New - Key dan beri nama key dengan utilman.exe.


  • Di folder utilman, klik kanan di panel sebelah kanan, pilih New - String Value dan beri nama Debugger.


  • Selanjutnya, klik kanan Debugger dan klik Modify (atau klik doble pada Debugger), lalu masukkan direktori lengkap aplikasi atau program yang ingin anda jalankan langsung dari login screen. Jika anda ragu tentang lokasi aplikasi anda, buka Windows Explorer, dan temukan lokasi aplikasi yang tepat. (Anda dapat mencarinya di Search bar di kanan atas Windows Explorer).
  • Setelah menemukannya, klik tempat kosong di bar di bagian atas Windows Explorer, dan itu akan berubah menjadi lokasi direktori yang tepat.
  • Copy lokasi direktori, lalu Paste-kan ke kotak Edit String untuk Value data dari Debugger di registry editor. Untuk membuat pintasan ke Notepad di lock screen, kotak value data harus berisikan alamat direktori C:\Windows\System32\notepad.exe.


  • Klik OK setelah memasukkan Value datanya.


Dalam kasus Notepad, anda mungkin mendapatkan pesan error bahwa itu tidak dapat mengakses folder Desktop, tetapi anda masih dapat membuat catatan dan menyimpannya di hard drive.

Perhatikan bahwa tidak setiap aplikasi akan bekerja menggunakan trik ini. Seperti aplikasi Microsoft Store karena tidak akan terbuka, sehingga hal-hal seperti Sticky Notes dan OneNote tidak tersedia.

Ini juga tidak bisa digunakan untuk membuka command prompt  (C:\Windows\System32\cmd.exe) dari login screen yang pada dasarnya memungkinkan anda membuka sebagian besar aplikasi pada PC anda. Windows Defender sekarang bijaksana untuk ini, bagaimanapun, menyajikannya sebagai keamanan. Jika anda mencoba mengatur command prompt untuk dibuka di lock screen, anda akan diblokir untuk melakukannya. Namun anda dapat mengatasi ini dengan menonaktifkan Windows Defender, yang saya sarankan hanya lakukan jika anda memiliki antivirus lain di PC anda.

Sekarang anda dapat mengambil catatan dari lock screen Windows atau melakukan banyak hal lain jika anda siap untuk bekerja di sekitar peringatan keamanan Windows Defender. Nikmati fleksibilitas lock screen yang baru ditemukan, tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu mengacaukan registrynya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengakses Aplikasi dari Lock Screen Windows 10/11"