Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Your Windows License Will Expire Soon


Ini adalah salah satu situasi menyebalkan yang mungkin anda hadapi saat menggunakan OS Windows 10 maupun Windows 11. Pada hari ketika semua tampaknya baik dengan komputer anda, anda mungkin tiba-tiba melihat pesan flash di bagian kanan bawah desktop anda yang mengatakan “Your Windows license will expire soon” atau Lisensi Windows anda akan segera kedaluwarsa.

Ini bisa membuat anda kebingungan. Tapi jangan kawatir, dalam artikel ini saya akan memandu anda melalui daftar opsi dan langkah-langkah yang harus diambil untuk memperbaiki masalah tersebut.


Cara Memeriksa Status Aktivasi Windows

Ini tempat yang bagus untuk memulai. Anda harus benar-benar yakin anda memiliki lisensi aktif. Jika tidak, pilihan anda adalah membeli lisensi genuine Windows atau anda harus menggunakan aktivator.

Untuk memeriksa status anda:
  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Pada panel sebelah kiri, klik kanan pada This PC atau nama komputer anda jika anda memilikinya. Ini menampilkan beberapa opsi lain. Pilih opsi Properties. Atau anda dapat membuka Control Panel anda dan menavigasi ke System and Security - System.
  • Di bagian bawah jendela System tersebut, di bawah Windows activation, status aktivasi ditampilkan. Jika anda memiliki system yang diaktifkan dan mengalami masalah "Your Windows will expire soon," maka anda harus mencoba solusi dibawah ini.


Memperbaiki Error Your Windows License Will Expire Soon

Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan dibawah ini untuk mengatasi masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


1. Restart Proses Windows Explorer

Untuk merestart Windows Explorer, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Klik kanan pada area kosong di taskbar desktop anda, dan pilih opsi Task manager.
  • Arahkan ke tab Processes di bagian atas jendela Task manager.
  • Di tab Processes ini, cari Windows Explorer, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Restart. Atau, pilih Windows Explorer, dan klik Restart oleh sudut kanan bawah Window.


2. Masukkan Ulang Product Key

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal. dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mengetahui key lisensi Windows anda.
wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

  • Copy product key anda yang ditampilkan di bawah OA3xOriginalProductKey. Buka properties System anda seperti yang anda lakukan ketika mencoba untuk memeriksa status aktivasi anda tadi. Klik opsi untuk Change product key. Ini terletak di sudut kanan bawah.
  • Pada pop-up yang muncul, masukkan product key yang telah anda copy dari command prompt anda dan klik Next.

  • Ikuti petunjutnya hingga selesai dan anda mungkin perlu merestart komputer anda.


3. Reset Status Lisensi

Sebagian besar waktu mengatur ulang status lisensi harus memperbaiki masalah ini. Proses reset sangat mudah.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Kemudian, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter:
slmgr –rearm
  • Setelah ini selesai, lanjutkan dan Restart komputer anda. Semoga ini bisa menyelesaikan masalah.

Langkah-langkah diatas digunakan bagi pemilik lisensi genuine Windows, bukan bajakan! Proses ini cukup mendasar dan tidak memerlukan teknisi komputer. Langkah-langkah diatas seharusnya membantu memperbaiki masalah "Your Windows will expire soon" anda. Tetapi jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi untuk komputer anda, anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi vendor atau membawa komputer anda ke teknisi yang berkualifikasi untuk memecahkan masalah bagi anda.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Your Windows License Will Expire Soon"