Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Map Network Drive di Windows 10/11


Mengakses file dari hard drive lokal anda adalah hal termudah yang dapat anda lakukan di komputer. Membawa ini ke level lain dan mengakses file pada hard drive di system lain sedikit lebih rumit. Memetakan drive jaringan (Map a Network Drive) adalah salah satu cara untuk mencapai ini.

Memetakan lokasi anda menyiratkan bahwa anda dapat membuat pintasan (shortcut) ke drive atau folder lain yang dibagikan di jaringan anda. Melakukan ini berarti bahwa drive jaringan yang dipetakan ingin ditampilkan di bawah "This PC" di file explorer.

Anda dapat memetakan drive jaringan menggunakan file explorer atau dari control panel.


1. Aktifkan Network Discovery

Sebelum memetakan drive jaringan, kita perlu mengaktifkan fitur "Network Discovery" sehingga dapat mendeteksi komputer lain di jaringan (network).
  • Buka Settings dan arahkan ke Network & Internet.
  • Di panel kanan di bagian Change your network settings, klik Sharing Options.
  • Jendela Advanced sharing settings akan terbuka. Pada bagian Network Discovery pilih opsi Turn on network discovery.
  • Klik Save changes.

2. Memetakan Drive Jaringan Lewat File Explorer

Langkah-langkah selanjutnya ini akan membantu anda memetakan drive jaringan di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan File Explorer.
  • Buka File Explorer dan klik This PC di panel kiri.
  • Pilih tab Computer, klik Map network drive dan kembali pilih Map network drive.
  • Pilih alfabet dari daftar menu drop-down drive. Setelah itu klik browse. (Komputer lain harus berada di jaringan dan mengaktifkan opsi Public folder sharing).
  • Pada pop-up yang ditampilkan, cari folder yang ingin anda petakan, dan tekan tombol OK setelah memilihnya.
  • Setelah anda mengkonfirmasi pilihan anda, tekan tombol Finish di sudut kanan bawah. Perhatikan bahwa pada jendela Map network drive, anda memiliki opsi untuk memilih antara Reconnect at sign-in atau Connect using different credentials.
Pada akhir proses ini, anda akan diminta untuk menavigasi ke This PC di File Explorer, dan anda akan dapat mengakses kontennya dari sana.


3. Memetakan Drive Jaringan Lewat Command Prompt

Anda dapat mencapai hasil yang sama dengan File Explorer menggunakan command prompt. Cukup ikuti langkah-langkah dibawah untuk memetakan drive jaringan menggunakan command prompt anda.
  • Buka Command Prompt. Anda dapat melakukan ini hanya dengan mengetik cmd di pencarian Cortana dan menekan tombol pada jendela run.
  • Pada Command Prompt anda, ketikkan perintah berikut:
net use x: \\computer name\sharename
  • Perhatikan bahwa "x" mewakili nama folder yang ingin anda tetapkan sebagai folder bersama.
  • Anda dapat sedikit mengubah perintah di atas untuk memasukkan beberapa parameter tambahan. Anda dapat menyisipkan kumpulan kredensial yang berbeda menggunakan perintah berikut:
net use x: \\computer name\sharename /user username password
  • Setelah menyalakan kembali komputer, drive tidak akan ada lagi. Untuk menghindari ini dan menjadikan drive tersebut permanen, anda dapat menggunakan perintah dibawah ini:
net use x: \\computer name\sharename /P:Yes
  • Dengan menggunakan perintah net use x: /delete dapat menghapus drive yang dipetakan, sedangkan menggunakan perintah net use * /delete akan menghapus semua drive yang dipetakan.

Memetakan drive jaringan di Windows 10 atau WIndows 11 benar-benar merupakan proses dasar yang menurut anda sangat berguna ketika berbagi file di jaringan. Apapun cara yang anda pilih untuk mencapai ini harus bergantung pada preferensi pribadi anda dan apa yang anda temukan lebih mudah.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti metode diatas. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Membuat Map Network Drive di Windows 10/11"