Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Thumbnail File SVG di Windows Explorer


Jika anda seorang desainer grafis, ilustrator, perancang web atau telah bekerja secara ekstensif dengan kode XML dan / atau kode HTML, anda mungkin akrab dengan Scalable Vector Graphics. SVG adalah jenis gambar vektor yang telah ada selama hampir delapan belas tahun, namun, mereka tampaknya tidak memiliki dukungan Windows yang tepat. Anda tidak dapat membuka file SVG di setiap penampil gambar Windows (seperti Windows Photo Viewer) atau mengeditnya dalam aplikasi seperti Paint.

Tidak seperti gambar raster atau grafis raster yang terdiri dari titik dan piksel, gambar vektor berbasis kode dan terdiri dari kumpulan kurva, titik, bentuk, dan teks yang ditempatkan secara matematis. Inilah sebabnya mengapa mereka dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas. Aplikasi seperti Paint dan Windows Photo Viewer dimaksudkan untuk melihat dan mengedit grafik raster, bukan grafik vektor. Menangani gambar vektor bisa sangat rumit, dan bahkan Paint 3D tidak memiliki dukungan untuk sebagian besar vektor.

Meskipun ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat gambar vektor, terkadang anda hanya perlu solusi tampilan dan bukan editor gambar penuh.

Berikut adalah beberapa cara untuk melihat file SVG di Windows.


Menggunakan Ekstensi SVG Viewer

Ekstensi penampil SVG untuk Windows adalah ekstensi shell yang memungkinkan Windows File Explorer untuk merender thumbnail SVG.

Ada versi 32-bit dan versi 64-bit. Sebelum mendownload software instalan ekstensinya, pastikan anda mengetahui komputer dan arsitektur system operasi anda. Anda dapat mengeceknya di This PC atau My Computer - klik kanan - pilih Properties.


1. Setelah anda mendownload file setup yang diperlukan, navigasikan ke Windows Explorer dan jalankan. Karena publisher tidak cukup jelas atau tidak dikenal, Windows akan memperingatkan anda untuk tidak menjalankannya. Klik Run dan / atau Yes di layar berikutnya.

2. Setelah setup berjalan, klik tombol Next pada layar persiapan setup.


3. Baca melalui agreement (perjanjian) di layar berikutnya, dan jika anda senang dengan itu, klik tombol I accept the agreement, lalu klik tombol Next.

4. Pilih folder tujuan. Saya sarankan anda membiarkannya seperti itu dan klik Next.


5. Layar terakhir memungkinkan anda untuk meninjau detail instalasi. Jika anda senang dengan mereka, anda dapat mengeklik Install.


Menguji ekstensi dan melihat / mengatur file Anda

1. Buka folder tempat anda menyimpan file SVG anda.


2. Pastikan anda melihatnya sebagai large atau extra-large icon pada pilihan View.

Cara pintas keyboard yang praktis untuk ini adalah Ctrl + Shift + 2.


Apa yang anda perhatikan tentang thumbnail adalah bahwa untuk setiap thumbnail ada thumbnail lain yang tertanam di dalamnya (thumbnailception). Ini adalah aspek favorit saya dari ekstensi shell ini. Tidak hanya menampilkan thumbnail SVG, tetapi juga menunjukkan aplikasi default yang digunakan untuk membukanya.

Di masa mendatang saya berharap Microsoft memberikan dukungannya untuk file SVG atau bahwa seseorang setidaknya mengembangkan codec yang memungkinkan kita untuk melihat SVG secara native. Dan sambil menunggu sampai dengan tibanya saat itu, saya akan selalu menggunakan ekstensi shell ini untuk dapat melihat file SVG ini.

Sekian. Semoga dapat menambah pengetahuan anda untuk melihat file SVG. Tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman anda untuk melihat file SVG. GBU

Post a Comment for "Cara Melihat Thumbnail File SVG di Windows Explorer"