Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadikan Search Engine Google Sebagai Pencarian Default di Start Menu Windows 10/11


Microsoft suka menyimpan data anda di tempat aman mereka. Jika anda pernah menggunakan Cortana atau mencoba mencari sesuatu dari Start menu, ia akan menggunakan Bing untuk melakukan pencarian. Ketika anda mengklik pada hasil pencarian, hal itu terbuka di browser Edge, meskipun itu bukan browser default. Dan tentu saja, Windows 10 dan Windows 11 tidak datang dengan cara mudah untuk mengubah perilaku ini. Meskipun anda tidak dapat langsung mengubah search engine (mesin telusur) default, anda dapat memaksa Windows 10 atau Windows 11 untuk menggunakan Google dan membuka hasil di browser favorit anda. Artikel ini akan menunjukkan cara melakukannya.


Setel Google Sebagai Search Engine Default Untuk Start Menu

Karena Windows 10 atau Windows 11 tidak memiliki opsi untuk mengubah search engine default atau browser ketika menelusuri dari Start menu, kita perlu memaksanya. Untuk melakukan itu kita akan menggunakan open-source software yang disebut Search Deflector. Menggunakannya, anda dapat mengarahkan semua pencarian ke search engine favorit anda di browser favorit anda. Anda tidak lagi terikat untuk menggunakan Bing dan Edge. Yang harus anda lakukan adalah menginstal Search Deflector dan memberitahu search engine dan browser apa yang digunakan.
  • Pertama, buka halaman software GitHub dan download versi terbaru dari Search Deflector. Setelah mendownload, klik dua kali pada file .exe dan lanjutkan untuk menginstalnya.

  • Saat menginstal, Search Deflector akan meminta anda untuk mengatur konfigurasi dengan memilih browser pilihan anda. Search Deflector secara otomatis menemukan semua browser yang terinstal di sistem anda dan mendaftarkannya. Untuk memilih browser, ketik nomor yang terkait dengannya dan tekan Enter. Dalam kasus saya, karena saya menggunakan Mozilla Firefox, maka saya mengetikkan 3.
  • Anda juga dapat memilih opsi System Default. Opsi ini memastikan bahwa hasil pencarian akan selalu terbuka di browser default anda saat ini. Manfaat dari pendekatan ini adalah jika anda mengubah browser bawaan anda, anda tidak perlu mengkonfigurasi ulang Search Deflector lagi.
  • Konfirmasikan pilihan anda dengan memasukkan Y.
  • Pilih search engine favorit anda dengan memasukkan nomor yang terkait. Karena saya ingin Google sebagai search engine default, maka ketik 7 dan tekan Enter.
  • Sekali lagi, konfirmasikan pilihan anda dengan memasukkan Y.
  • Anda telah selesai mengkonfigurasi Search Deflector. Tekan Enter untuk menutup jendela konfigurasi.
  • Pada jendela penginstalan utama, klik tombol Finish untuk menyelesaikan prosedur pemasangan.



Untuk mengujinya, cari sesuatu yang berhubungan dengan web dan tekan Enter. Untuk pertama kalinya anda akan diminta memilih program default. Pilih launcher.exe, pilih dan centang kotak Always use this app dan klik tombol OK.


Search Deflector akan mengarahkan pencarian ke mesin pencari pilihan anda dan membukanya di browser favorit anda.


Ingatlah bahwa hasil cepat yang anda lihat di panel kanan saat menelusuri melalui Start menu atau Cortana masih dilayani oleh Bing. Ketika anda mengklik hasilnya, Search Deflector akan mengarahkan mereka sesuai dengan konfigurasi anda.

Di masa depan, jika anda ingin mengubah konfigurasi Search Deflector, buka File Explorer, masuk ke folder instalasi Search Deflector dan klik dua kali pada file Setup.exe.

Sekian tutorial kali ini. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menjadikan Search Engine Google Sebagai Pencarian Default di Start Menu Windows 10/11"