Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Meningkatkan Kecepatan atau Frekuensi RAM di Komputer Windows

 


Meningkatkan kecepatan dan frekuensi RAM jelas dapat meningkatkan performa atau kinerja sebuah system operasi. Namun, saya memperhatikan bahwa dalam beberapa kasus, saya tidak dapat meningkatkan kecepatan atau frekuensi RAM di komputer Windows saya. Jika anda juga menghadapi masalah yang serupa, maka coba beberapa solusi yang disebutkan dalam artikel ini untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Tidak Dapat Meningkatkan Kecepatan atau Frekuensi RAM di Komputer Windows


Jika anda tidak dapat meningkatkan kecepatan atau frekuensi RAM, maka pertama-tama, reboot komputer anda dan kemudian periksa kecepatan RAM PC anda. Terkadang, merestart komputer diperlukan agar semua perubahan dapat kembali ke tempatnya. Jika dengan merestart tidak berhasil, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah untuk memperbaikinya.



1. Simpan Perubahan Saat Keluar dari BIOS


Ini mungkin terdengar sedikit mengejutkan bagi anda, tetapi banyak orang cenderung tidak menyimpan BIOS setelah melakukan perubahan pada frekuensi RAM mereka. Saya tidak akan melakukan itu, sebaliknya, saya akan memastikan bahwa saat saya keluar dari BIOS, semua perubahan yang dilakukan akan disimpan. Anda akan melihat opsi untuk menyimpan perubahan yang anda buat, kemudian melakukannya dan memeriksa apakah masalah masih berlanjut.




2. Pastikan untuk Tidak Mengatur Kecepatan RAM Melebihi Ambang Batas


Produsen stik RAM menetapkan batas kecepatan RAM-nya. Karena RAM bukan CPU atau GPU dan tidak memiliki pendingin tambahan apapun, maka RAM tidak akan dapat berjalan pada kecepatan melebihi kecepatan maksimum yang ditetapkan oleh pabrikan. Jika anda entah bagaimana berhasil mengubah kecepatan melebihi ambang batas, maka kecepatan dan frekuensi RAM anda akan direset kembali ke default. Oleh karena itu, anda harus memeriksa kecepatan maksimum yang dapat dicapai RAM anda dan kemudian mengaturnya sesuai dengan kecepatan tersebut.


Untuk memeriksa kecepatan RAM, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal. dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
wmic memorychip get speed
  • Sekarang temukan kecepatan RAM anda dibawah Speed.


Anda juga dapat memeriksa kecepatan RAM anda di jendela Task Manager dibawah tab Performance.


3. Clear CMOS Anda

Baterai CMOS adalah baterai kecil yang memberikan daya secara terus menerus ke chip CMOS, yang menyimpan pengaturan BIOS PC anda. Jika baterai CMOS rusak, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada komputer anda, termasuk mencegahnya melakukan booting. Karena anda tidak dapat mengubah kecepatan atau frekuensi CMOS, maka anda perlu mereset CMOS. Anda mungkin harus melakukan reset beberapa kali. Namun, jika meresetnya tidak berhasil, baterai anda mungkin terkuras habis. Dalam hal ini, anda perlu mengganti baterai CMOS PC anda dengan yang baru.


4. Update BIOS dan Coba Lagi

Jika ada update BIOS yang tersedia, maka update BIOS lama mungkin menjadi tidak kompatibel sehingga tidak dapat menyimpan perubahan yang anda buat pada konfigurasi RAM anda. Dalam hal ini, saya menyarankan anda untuk melanjutkan dan mengupdate BIOS anda. Setelah mengupdate firmware BIOS anda, reboot komputer anda, kemudian boot lagi ke BIOS, ubah frekuensi RAM anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.


5. Tingkatkan Sedikit Voltase RAM Anda

Frekuensi RAM anda dan tegangannya saling bergantung, yang cukup jelas karena diperlukan lebih banyak tegangan untuk mencapai keadaan frekuensi tinggi. Jadi, dalam solusi ini, saya menyarankan anda untuk sedikit meningkatkan voltase RAM dan kemudian mengubah frekuensinya. Ini adalah metode coba-coba; Anda mungkin harus membuat beberapa perubahan untuk memperbaikinya.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.
  • Pertama-tama, boot ke BIOS anda.
  • Sekarang, buka bagian OC Tweaker.
  • Kemudian, temukan DRAM Voltage dan atur ke nilai yang sedikit lebih tinggi.


  • Setelah itu, ubah DRAM Frequency dan periksa apakah kecepatan RAM anda berubah.
  • Ingatlah bahwa opsi (tombol) ini mungkin berbeda di komputer anda karena semuanya bergantung pada OEM.


6. Reset BIOS Anda

Jika semuanya gagal, pilihan terakhir anda adalah mereset BIOS ke nilai defaultnya dan kemudian melakukan perubahan pada frekuensi RAM. Ini akan mengatur ulang semua perubahan yang anda buat pada BIOS sebelumnya. Jadi, anda mungkin harus melakukannya lagi.


Mudah-mudahan, anda dapat mengatasi masalah tersebut menggunakan solusi yang disebutkan sebelumnya.

Mengapa Memory Frequency berwarna abu-abu?
Opsi Memory Frequency akan berwarna abu-abu jika XMP Profile diaktifkan. XMP adalah singkatan dari extreme memory profile. Saat menggunakan profil, pengaturan dikonfigurasikan sesuai dengan profil. Untuk mengonfigurasi pengaturan secara manual, gunakan pengaturan manual, bukan profil.

Mengapa kecepatan RAM saya tidak benar?
Jika anda memeriksa RAM Speed sebenarnya di komputer anda dan yang tercantum oleh pabrikan anda di halaman spesifikasi produk dan melihat perbedaannya, jangan khawatir. Biasanya, produk akhir yang dikirimkan di-underclock dan di-undervolt. Namun, anda dapat melakukan overclock jika diperlukan.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat meningkatkan kecepatan atau frekuensi RAM di komputer Windows. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Meningkatkan Kecepatan atau Frekuensi RAM di Komputer Windows"