Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki PC Selalu Booting Dua Kali Sebelum Start Windows

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa PC mereka selalu melakukan booting dua kali sebelum start Windows. Sebagian besar, masalah ini disebabkan oleh beberapa kesalahan konfigurasi yang anda atau update mungkin lakukannya secara tidak sengaja pada pengaturan system. Dalam artikel ini, saya akan membahas apa yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.


PC anda melakukan booting dua kali karena ada beberapa perubahan yang dilakukan pada BIOS yang menyebabkan keanehan ini. Seringkali, opsi Fast Startup di Windows atau Fast Boot di BIOS-lah yang memicu masalah ini. Selain itu, jika anda melakukan overclock CPU untuk mendapatkan hasil maksimal dari prosesornya, terkadang PC anda dapat melakukan booting dua kali.



Memperbaiki PC Selalu Booting Dua Kali Sebelum Start Windows


Jika PC anda selalu melakukan booting dua kali sebelum start Windows, ikuti beberapa solusi dibawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Update BIOS


Mari kita mulai dengan solusi yang tidak melibatkan perubahan pada BIOS; sebagai gantinya, anda akan mengupdate BIOS anda. Jika masalahnya disebabkan oleh BIOS yang sudah out of date, ini akan membantu anda. Jadi, lanjutkan dan update BIOS pada system anda. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk anda. Jika masalah belum terselesaikan, lanjutkan ke solusi berikutnya.




2. Nonaktifkan Fast Startup


Fast Startup memungkinkan komputer anda start dengan cepat. Namun, ini terkenal menyebabkan masalah selama proses booting. Karena komputer anda melakukan booting dua kali, Fast Startup mungkin bermasalah. Anda dapat menonaktifkan Fast Startup dari Control Panel. Perlu diingat, bahwa menonaktifkan fitur ini dapat membuat proses booting sedikit lebih lambat dan setelah Microsoft merilis update yang mengatasi masalah ini, anda dapat mengaktifkan kembali Fast Startup.




3. Hentikan Penggunaan Aplikasi Overclocking


Jika anda telah menginstall software overclocking untuk membuat komputer anda lebih baik dalam bermain game, maka menonaktifkan software tersebut. Melakukan overclock pada CPU anda memang meningkatkan performa-nya untuk beberapa waktu, namun itu juga dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Itu sebabnya, saya menyarankan anda untuk menguninstall aplikasi overclocking apapun yang telah anda install.



4. Nonaktifkan atau Aktifkan Fast Boot dari BIOS


Sama seperti Fast Startup, Fast Boot membantu komputer anda start lebih cepat. Namun, terkadang hal tersebut dapat menimbulkan konflik dengan proses internal Windows dan dapat menyebabkan masalah. Itu sebabnya, anda perlu masuk ke BIOS dan memeriksa konfigurasi Fast Boot. Jika diaktifkan, maka anda perlu menonaktifkan Fast Boot, namun jika itu dinonaktifkan maka aktifkan.




5. Lakukan Perubahan pada Pengaturan BIOS Anda


Sekarang, mari kita periksa konfigurasi BIOS anda untuk mengetahui apakah sudah dikonfigurasi dengan benar atau tidak. Ada berbagai pengaturan BIOS yang dapat memaksa system anda melakukan booting dua kali. Jadi, pertama-tama, booting ke BIOS anda. Sekarang, periksa pengaturan BIOS berikut dan pastikan semuanya dikonfigurasi sesuai instruksi.

  • Internal PLL OvervoltageDisabled (dibawah tab AI Tweaker atau Extreme Tweaker).
  • Power on By PCl-EEnabled (dibawah Advanced - APM Configuration).
  • ErP ReadyDisabled (dibawah Advanced - APM Configuration).
  • Ai Overclock TunerAuto (dibawah tab AI Tweaker atau Extreme Tweaker).
  • Launch CSMDisabled (dibawah tab Boot).


Di system anda, opsi mungkin memiliki nama yang berbeda dan/atau berada di lokasi berbeda. Itu bergantung pada OEM.




6. Reset BIOS


Jika tidak ada yang berhasil, pilihan terakhir anda adalah mereset BIOS. Namun konsekuensinya adalah semua perubahan yang anda buat sebelumnya akan hilang.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki PC Selalu Booting Dua Kali Sebelum Start Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki PC Selalu Booting Dua Kali Sebelum Start Windows"