Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Import Update ke WSUS Menggunakan PowerShell

 


Microsoft telah mengubah proses mengimport update ke WSUS (Windows Server Update Services). Sekarang, pengguna dapat menjalankan perintah PowerShell untuk mengimport update ke WSUS. Untuk itu, artikel ini akan menunjukkan cara mengimport update ke WSUS menggunakan PowerShell.



Cara Import Update ke WSUS Menggunakan PowerShell


Sebelumnya, WSUS menyediakan opsi untuk mengimport update dari Microsoft Update Catalog. Pengguna harus menggunakan antarmuka pengguna admin WSUS untuk melakukan import update. Namun, Microsoft telah mengubah metode ini dengan mengadopsi skrip PowerShell. Saat ini, pengguna dapat mendownload dan mengimport update ke WSUS menggunakan skrip PowerShell.


Skrip PowerShell ini tersedia di website resmi Microsoft. Anda dapat menyalin skrip dari sana dan menggunakannya untuk mengimport update ke WSUS. Anda juga dapat menggunakan antarmuka pengguna admin WSUS: Actions - Import Updates. Setelah itu, bukannya mendownload update, anda akan dialihkan ke dokumentasi yang berisi skrip PowerShell.


Manfaat menggunakan skrip PowerShell ini adalah anda dapat mengimport satu atau beberapa update ke WSUS.



Syarat untuk Mengimport Update ke WSUS


Ada beberapa prasyarat yang diperlukan untuk mengimport update ke WSUS melalui skrip PowerShell.

  • Konsol administratif WSUS harus diinstall di komputer yang digunakan untuk mengimport update ke WSUS. Tidak peduli apakah komputer tersebut adalah server WSUS atau bukan; anda dapat menggunakannya untuk mengimport update.
  • Saat mengimport update dari server WSUS, hanya akun yang merupakan anggota group Administrator WSUS atau group Local Administrators yang harus digunakan.
  • Saat mengimport update dari remote computer, hanya akun yang merupakan anggota group Administrator WSUS dan memiliki permission/izin administrator di local computer yang harus digunakan. Jika anda menggunakan remote computer, komputer tersebut harus dapat menjangkau server WSUS melalui jaringan.



Proses Mengimport Update ke WSUS Menggunakan PowerShell


Mari kita lihat proses mengimport update ke WSUS menggunakan PowerShell. Saat menggunakan skrip PowerShell, anda harus memiliki UpdateID. Anda bisa mendapatkan UpdateID dari website Microsoft Update Catalog. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara mendapatkan UpdateID dari website Microsoft Update Catalog.

  • Kunjungi website Microsoft Update Catalog.
  • Kemudian, cari update yang ingin anda import ke WSUS.
  • Setelah itu, klik update yang diperlukan dari hasil pencarian.
  • Jendela baru akan terbuka di browser web anda yang menampilkan nomor KB dan UpdateID.
  • Klik tombol Copy untuk menyalin UpdateID.


  • Kemudian simpan UpdateID ini di Notepad agar anda dapat menggunakannya nanti.



Jika anda ingin mengimport banyak update ke WSUS, anda harus membuat file teks yang berisi semua UpdateID yang diperlukan. Copy UpdateID dari website Microsoft Update Catalog dan paste ke file teks dengan setiap baris hanya berisi satu UpdateID (lihat creenshot diatas).


Setelah selesai, simpan file teks ini dengan nama, misalkan UpdateIDs.txt di lokasi yang dapat anda akses dengan mudah, misalnya E:\Mastertipsorialindo. Anda akan memerlukan lokasi ini saat mengimport banyak update ke WSUS.


Sekarang, lanjut ke langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Copy skrip PowerShell dibawah ini dan paste di Notepad.

<complete path of ImportUpdatesIntoWSUS.psl file> [-WsusServer] <String> [-PortNumber] <Int32> [-UseSsl] [-UpdateId] <String> [-UpdateIdFilePath] <string> [<CommonParameters>]
  • Setelah itu, tekan tombol Ctrl + S.
  • Kemudian beri nama dengan ekstensi .ps1 (misalnya ImportUpdatesIntoWSUS.ps1) di kolom File name dan ubah File as type ke All files.
  • Setelah itu, klik Save untuk menyimpannya.


Ingat lokasi penyimpanan file ini karena anda akan memerlukannya nanti.

Anda sekarang harus meluncurkan PowerShell dengan hak administrator untuk menjalankan skrip. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell. Saat menggunakan skrip PowerShell, anda harus menggunakan hanya parameter skrip yang diperlukan. Mari kita lihat beberapa contoh skrip PowerShell.

Jika anda masuk ke server WSUS yang menggunakan port default dan ingin mengimport satu update, maka skrip akan terlihat seperti berikut ini.

.\ImportUpdateToWSUS.ps1 -UpdateId 454997ec-abbd-4ed2-8dea-4d63a38ea2a8


Gunakan UpdateID yang benar dalam skrip di atas.

Jika anda ingin mengimport banyak update di server WSUS dengan SSL melalui remote computer, skrip akan terlihat seperti berikut ini.

.\ImportUpdateToWSUS.ps1 -WsusServer WSUSServer.contoso.com -PortNumber 8531 -UseSsl -UpdateIdFilePath E:\Mastertipsorialindo\UpdateID.txt


Anda harus menggunakan jalur yang benar tempat anda menyimpan file UpdateID.txt.

Anda akan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang skrip PowerShell ini dan parameter yang digunakan dalam skrip ini di website resmi Microsoft.

Jika anda ingin mengupdate beberapa PC Windows anda, maka artikel saya lainnya tentang cara download update Windows dan menginstalnya di banyak PC dapat berguna untuk anda.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengimport Update ke WSUS menggunakan PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Import Update ke WSUS Menggunakan PowerShell"