Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merusak File Sehingga Tidak Dapat Diakses di Windows 10/11

 


Ketika kita ingin menyingkirkan sebuah file penting atau rahasia kita, hal pertama yang dilakukan adalah menghapusnya dari ruang penyimpanan. Namun apakah anda pernah berpikir bahwa file tersebut dapat dikembalikan ke tempat semula dan pada akhirnya dapat diakses kembali oleh seseorang. Bagi pengguna yang paham dengan masalah tersebut, akan melakukan segala cara untuk memastikan file tersebut hilang selamanya. Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan merusak file tersebut dan kemudian menghapusnya. Dengan cara itu, seseorang tidak akan dapat mengaksesnya kembali walaupun file tersebut dapat di kembalikan.


Apapun tujuan anda untuk merusak file tersebut dengan sengaja, entah untuk tujuan pengujian atau alasan lain sehingga membuatnya tidak dapat diakses, artikel ini akan memberi anda beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Cara Merusak File Sehingga Tidak Dapat Diakses


Berikut adalah beberapa metode umum yang dapat anda gunakan untuk merusak file di Windows 10 atau Windows 11 anda sehingga tidak dapat di akses kembali.



1. Merusak File Menggunakan Notepad


Salah satu cara termudah untuk merusak file dokumen Word atau file lain di Windows adalah dengan menggunakan Notepad. Anda dapat merusak dokumen atau file dengan membukanya di Notepad. Mari kita lihat caranya.

  • Buka aplikasi Notepad di komputer.
  • Kemudian klik File dan pilih Open.
  • Di jendela Open file, ubah tipe file ke All files sehingga anda dapat menemukan file seperti dokumen Word, gambar dan lainnya.
  • Selanjutnya, pilih dokumen atau file sumber yang ingin anda rusak dan klik Open.


  • Setelah itu, anda akan melihat banyak teks aneh di jendela Notepad.
  • Disini, anda perlu menghapus beberapa baris teks tersebut, sekitar tujuh atau delapan baris dari teks yang muncul.
  • Kemudian, klik menu File dan pilih Save as.
  • Di jendela Save as, ubah Save as type ke All files, kemudian masukkan nama file dan klik Save untuk menyimpan file.


Catatan!! Jika, anda menggunakan nama yang sama, maka itu akan menimpa file yang ada saat ini. Pastikan file tersebut benar-benar ingin anda singkirkan, karena ini akan benar-benar merusak file tersebut dan anda tidak dapat memperbaikinya lagi. Jika anda hanya ingin mencobanya, maka backup file anda terlebih dahulu. 
  • File yang disimpan akan rusak dan tidak dapat digunakan sekarang.


Saat anda ingin membuka kembali file dokumen tersebut, anda akan mendapatkan error Word found unreadable content in "File_name".




2. Merusak File dengan Mengubah Ekstensi File


Metode lain untuk merusak file dokumen Word atau file lainnya di PC Windows anda adalah dengan mengubah ekstensi file tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Selanjutnya di jendela File Explorer;
    • Windows 10: Klik View dan beri ceklist pada opsi File name extensions.
    • Windows 11: Klik View, kemudian arahkan ke Show dan beri ceklist pada File name extensions.


  • Setelah itu, klik kanan pada file yang ingin anda rusak dan pilih Rename.
  • Kemudian, anda dapat mengubah ekstensi file tersebut. Misalkan, jika anda mencoba merusak file Word, ubah ekstensi file .doc atau docx menjadi ekstensi seperti .jpg, .png, .tiff atau lainnya dan tekan Enter.
  • Anda kemudian akan mendapatkan jendela pop-up If you change a file name extension, the file might become usable. Cukup Yes dan file tersebut akan rusak dan tidak dapat diakses.



Sebagai contoh, saya mengubah file .jpg menjadi file .mp3. Setelah melakukan itu dan mencoba membukanya, saya mendapatkan error seperti gambar berikut ini.



Perlu dicatat bahwa, ketika anda atau siapapun mengubah ekstensi file tersebut ke ekstensi aslinya, maka file tersebut akan kembali dapat di buka atau di akses kembali.



3. Gunakan Corrupter Tool Online Gratis


Jika anda tidak ingin melakukan semua pekerjaan secara manual, maka anda juga dapat menggunakan file corrupter tool online gratis untuk merusak file anda. Ada beberapa layanan website gratis yang memungkinkan anda melakukan hal ini. Anda hanya perlu mengupload file dokumen sumber atau file apappun dan pekerjaan lainnya akan dilakukan oleh tool itu sendiri.


Berikut adalah beberapa corrupter tool online gratis yang bagus yang dapat anda gunakan.




4. Kompres File dan Hentikan Proses Secara Tiba-Tiba


Metode lain untuk merusak file adalah menggunakan tool kompres file. Ini akan merusak file apapun termasuk file dokumen Word dan file lainnya. Jadi mulai kompres file sumber yang ingin anda rusak, kemudian saat kompres hampir selesai, batalkan prosesnya. Itu akan merusak file anda dan membuatnya tidak dapat digunakan atau diakses kembali.


Namun metode ini dapat anda lakukan hanya untuk file besar, karena jika file berukuran kecil, maka anda kemungkinan tidak memiliki waktu untuk membatalkan proses.




Semoga bermanfaat untuk anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam merusak file sehingga tidak dapat diakses di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Merusak File Sehingga Tidak Dapat Diakses di Windows 10/11"