Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 80180002, The Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user

 


Saat mencoba mendaftarkan komputer Windows ke jaringan kantor atau sekolah, beberapa pengguna mengalami error code 80180002 dengan pesan error The Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user, dimana itu menunjukkan bahwa server Mobile Device Management (MDM) gagal mengautentikasi pengguna. Error ini menyebabkan pengguna tidak dapat menghubungkan komputer Windows mereka ke Azure Active Directory dan mendaftar ke Mobile Device Management (MDM).


Pesan error lengkap yang akan dilihat pengguna ketika masalah ini terjadi seperti berikut ini.

Something went wrong

Your account was not set up on this device because device management could not be enabled. This device might be able to access some resources, such as Wi-fi, VPN, or email.


Additional problem information

Error code: 80180002

Server message: The Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user. Try again or contact your system administrator.



Jika anda juga termasuk pengguna yang mengalami error ini, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya.



Apa itu MDM authentication?

Mobile Device Management (MDM) memungkinkan administrator IT untuk mengelola mobile device yang digunakan di lingkungan perusahaan atau sekolah. Dengan MDM, administrator dapat mengaktifkan metode autentikasi yang berbeda untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang ditunjuk yang dapat masuk secara aman. MDM memainkan peran penting dalam lingkungan perusahaan atau sekolah karena memungkinkan karyawan untuk mengakses jaringan perusahaan dengan aman saat organisasi menjalankan semuanya dari cloud. Proses otentikasi MDM terjadi saat pengguna mencoba mengakses jaringan perusahaan dan ini bertujuan untuk memastikan keamanan akses.



Memperbaiki Error 80180002, Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user


Berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu anda memperbaiki error code 80180002 yang terjadi ketika server Mobile Device Management (MDM) gagal mengautentikasi pengguna saat mendaftarkan perangkat di Azure Active Directory.



1. Pastikan Akun Anda Tidak Dinonaktifkan


Dengan Azure Active Directory, pengguna memiliki kemampuan untuk menonaktifkan perangkat mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan perangkat yang hilang atau tidak digunakan lagi. Anda dapat memeriksa apakah perangkat anda sudah dinonaktifkan atau tidak dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah itu, pergi ke Devices - Manage Devices.
  • Selanjutnya, perluas tab perangkat anda.
  • Jika itu menampilkan pesan Device is disabled, maka hubungi administrator system anda untuk mengaktifkan kembali perangkat anda.



Dengan memanfaatkan fitur ini, anda dapat mengamankan data anda dengan menonaktifkan perangkat yang tidak lagi anda gunakan atau yang hilang. Hal ini juga membantu anda untuk memonitor perangkat yang terhubung ke akun Azure anda dan menjaga keamanan data anda.



2. Ubah pengaturan MDM dan MAM


Jika perangkat anda sudah diaktifkan tetapi pesan error terjadi, maka kemungkinan error ini disebabkan oleh pengaturan MDM atau MAM yang salah di Microsoft Intune. Untuk memperbaiki masalah ini, anda harus menghubungi administrator IT anda karena hanya administrator yang dapat mengubah pengaturan MDM atau MAM. Selain itu, administrator juga harus berlangganan Microsoft Intune.


Jika anda adalah seorang administrator dan berlangganan Microsoft Intune, maka berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mengubah pengaturan MDM atau MAM untuk memperbaiki masalah ini.

  • Login ke portal Azure dan pergi ke Azure Active Directory.
  • Selanjutnya, pilih Mobility (MDM and MAM) di panel kiri.
  • Setelah itu pilih Microsoft Intune di panel kanan.


  • Sekarang, ubah opsi MDM user scope dan MAM user scope menjadi None.
  • Kemudian klik Save untuk menyimpan perubahan.




Apa itu Error Code 0x80180003?


Error Code 0x80180003 terjadi saat pengguna tidak diizinkan untuk mendaftar di Microsoft Intune atau Azure AD. Ketika error ini terjadi, anda akan melihat pesan berikut ini.

Something went wrong

Error Code: 80180003

Server message: This user is not authorized to enroll. You can try to do this again or contact your system administrator.


Banyak alasan mengapa terjadinya error ini, seperti pengguna menggunakan Windows 11/10 Home Edition, perangkat pengguna diblokir oleh administrator, pengguna telah mendaftarkan jumlah maksimum perangkat yang diizinkan ke Intune dan lainnya. Untuk memperbaikinya, pastikan anda tidak berhubungan dengan salah satu penyebab yang saya sebutkan. Jadi anda dapat menghubungi administrator anda jika itu diblokir, atau menghapus perangkat lain dari daftar Microsoft Intune dan kemudian mendaftarkan perangkat baru anda.



Saya harap solusi yang diberikan dalam artikel ini membantu anda mengatasi masalah tersebut.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 80180002, The Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 80180002, The Mobile Device Management (MDM) server failed to authenticate the user"