Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Shared GPU Memory dan Dedicated GPU Memory

 


Graphics Processing Unit (GPU) telah menjadi bagian penting dari komputer modern dan awalnya dirancang untuk meningkatkan performa pada tugas graphics 3D. Namun, saat ini GPU juga digunakan untuk teknologi komputasi dasar dalam berbagai aplikasi, seperti produksi kreatif, gaming dan machine learning. Jika anda ingin mengetahui perbedaan antara Shared GPU memory dan Dedicated GPU Memory, maka artikel ini akan menjelaskan semuanya.


Ada dua varian dasar GPU yaitu Integrated (Shared) dan Dedicated. GPU dedicated hadir dengan discrete card-nya sendiri yang terhubung ke motherboard utama melalui slot khusus. GPU dedicated memiliki graphics memory-nya sendiri yang disebut VRAM. Sementara itu, GPU integrated tertanam di dalam motherboard yang berdampingan dengan CPU dan tidak memiliki RAM sendiri. Sebagai gantinya, GPU integrated berbagi memory system dengan CPU.


Sebagian besar prosesor modern saat ini dilengkapi dengan integrated graphics. Integrated graphics memiliki keunggulan ddimana itu lebih kompak, konsumsi energi yang lebih efisien, serta biaya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan dedicated graphics. Meski demikian, dedicated graphics memiliki kemampuan yang lebih kuat dalam menangani game kelas atas dan komputasi yang kompleks. Hal ini disebabkan oleh adanya physical memory (high-speed module) yang terletak dekat dengan core GPU pada graphics card dedicated, sehingga memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat.



Apa itu Dedicated GPU Memory?


Dedicated GPU Memory atau VRAM (Video RAM) adalah jenis Random Access Memory (RAM) yang didesain khusus untuk menyimpan informasi terkait graphics. VRAM merupakan komponen utama dari graphics card dedicated yang memungkinkan GPU untuk melakukan tugas high-intensity graphics (graphics yang berintensitas tinggi) dengan cepat dan efisien.



Apa itu Shared GPU Memory?


Integrated graphics tidak dilengkapi dengan memory eksklusif mereka sendiri. Mereka mendapatkan memory dari RAM system yang tersedia. System operasi juga mengalokasikan sebagian RAM untuk digunakan oleh GPU dedicated ketika memory GPU habis dan tidak mencukupi.


Shared GPU Memory merupakan istilah yang mengacu pada alokasi RAM virtual yang digunakan oleh GPU integrated atau GPU dedicated untuk menangani fungsi graphics yang intensif pada system komputer.



Shared GPU Memory dan Dedicated GPU Memory; Mana yang Lebih Baik?


System komputer akan mengalokasikan hingga 50% dari memory system untuk digunakan sebagai Shared GPU Memory, baik anda menggunakan GPU integrated maupun GPU dedicated.


Untuk memahami ini, anda dapat melihat gambar berikut ini:



Perangkat diatas memiliki RAM system sebesar 16 GB, dimana sekitar 8 GB direserve (dicadangkan) sebagai Shared GPU Memory. Ketika chip graphics pada perangkat tersebut menggunakan sejumlah RAM untuk kebutuhan graphics-nya sendiri, maka sejumlah RAM tersebut tidak akan tersedia untuk aplikasi lain, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perangkat beroperasi pada kecepatan yang lebih lambat.


Jika anda melihat gambar diatas, perangkat tersebut dilengkapi dengan graphics card NVIDIA GeForce GTX 690 yang memiliki VRAM sebesar 2 GB yang secara eksklusif digunakan untuk menyimpan data terkait gambar. Selain itu, system operasi juga mengalokasikan 8GB RAM (setengah dari RAM system 16 GB) untuk digunakan sebagai Shared GPU Memory. RAM sebesar 8 GB tersebut akan tetap tersedia untuk aplikasi lain hingga VRAM penuh. Setelah VRAM penuh, GPU akan menggunakan tambahan memory system 8 GB tersebut untuk menangani tugas yang terkait dengan graphics.


Kebutuhan akan graphics card dengan memory khusus tergantung pada jenis aplikasi yang ingin dijalankan pada PC. Jika anda ingin menjalankan aplikasi video kelas atas, maka kemungkinan anda memerlukan graphics card dedicated. Dedicated GPU memory dapat mencegah masalah graphics yang mungkin terjadi dengan Shared GPU Memory dan meningkatkan performa/kinerja graphics secara keseluruhan. Ini memberikan  frame rate yang lebih stabil, loading tekstur yang lebih cepat dan graphical pop-ins yang muncul tiba-tiba.


Berinvestasi dalam graphics card dedicated seringkali memerlukan biaya yang cukup mahal. Jika anggaran anda terbatas, ada cara untuk meningkatkan performa graphics dengan menyesuaikan pengaturan di system operasi. Anda juga perlu tahu hal apa saja sebelum membeli GPU dedicated untuk PC anda. Dengan melakukan tweak tertentu di Windows, anda dapat merealokasikan sebagian dari RAM system anda untuk digunakan sebagai VRAM dedicated yang dapat meningkatkan performa graphics pada PC anda.


Saya harap artikel ini bermanfaat untuk anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam memahami perbedaan antara Shared GPU Memory dan Dedicated GPU Memory. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Shared GPU Memory dan Dedicated GPU Memory"