Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Multithreaded Rendering di Valorant

 


Pada game VALORANT, terdapat sebuah opsi di pengaturan video yang bernama Multithreaded Rendering. Dalam artikel ini, saya akan membahas pengertian dari opsi ini, dampaknya pada system komputer gaming anda yang menggunakan Windows 10 atau Windows 11 dan juga cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini yang biasanya digunakan pada perangkat kelas atas.


Apa itu Multithreaded Rendering?

Pengaturan video ini dapat meningkatkan performa CPU dan kualitas graphics pada perangkat dengan spesifikasi tinggi. Pada dasarnya, Multithreaded Rendering membagi beban kerja di beberapa thread sehingga dapat meningkatkan performa/kinerja CPU jika perangkat memiliki empat core atau lebih. Untuk memaksimalkan penggunaan Multithreaded Rendering untuk pengalaman gaming terbaik atau optimal pada perangkat anda, pastikan PC gaming anda memenuhi spesifikasi minimum berikut ini.

  • RAM 8 GB
  • VRAM 2 GB
  • CPU dengan setidaknya 8 core (physical dan virtual, setidaknya 4-core CPU harus bekerja).


Jika anda tidak yakin berapa banyak core yang dimiliki oleh prosesor anda dan anda ingin mengetahui jumlah core dan thread CPU di Windows 10 atau Windows 11, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksanya.

  • Tekan tombol Ctrl +Shift + Esc untuk membuka Task Manager di komputer anda. Anda juga dapat mengklik kanan pada Start Menu dan pilih Task Manager.
  • Di jendela Task Manager,  alihkan ke tab Performance.
  • Selanjutnya, pilih CPU di panel kiri.
  • di panel kanan, dibawah diagram, anda dapat melihat berapa core yang dimiliki CPU anda.




Mengaktifkan/Menonaktifkan Multithreaded Rendering di Valorant


Multithreaded Rendering dapat dimanfaatkan dalam beberapa game seperti VALORANT, Fortnite dan CS:GO jika system yang digunakan memenuhi persyaratan minimum yang ditentukan. Opsi seharusnya diaktifkan secara default jika system anda memenuhi persyaratan. Untuk memastikannya atau mengaktifkan/menonaktifkan Multithreaded Rendering di VALORANT, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka game VALORANT di koputer gaming anda.
  • Selanjutnya, klik ikon roda gigi untuk membuka menu Options dan kemudian pilih Settings.
  • Di jendela Settings, alihkan ke tab VIDEO di bagian atas menu Settings.
  • Setelah itu pilih tab GRAPHICS QUALITY.
  • Sekarang anda akan melihat opsi Multithreaded Rendering.
  • Jika opsi tersebut tersedia, maka anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi tersebut dengan mengklik tombol On atau Off.
  • Jika opsi Multithreaded Rendering tidak tersedia atau tidak dapat diaktifkan, maka system anda tidak memenuhi persyaratan untuk mengaktifkan opsi tersebut.



Penting untuk dicatat bahwa mengaktifkan Multithreaded Rendering hanya dapat dilakukan jika system yang digunakan memenuhi persyaratan minimum yang ditentukan. Selain itu, cara mengaktifkan Multithreaded Rendering dapat bervariasi tergantung pada game yang anda mainkan.


Dalam bermain game, performa Multithreaded Rendering dapat mempengaruhi FPS dan input lag secara positif atau negatif tergantung pada spesifikasi system anda, terutama CPU yang digunakan. Meskipun begitu, penggunaan Multithreaded Rendering dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam permainan dengan aksi dan gerakan cepat. Namun, dalam beberapa kasus, anda mungkin tidak melihat peningkatan FPS meskipun pengaturan ini diaktifkan. Untuk memastikannya, anda dapat menampilkan FPS dalam game untuk melihat perbedaannya. Jika pengalaman bermain game atau performa PC anda terganggu karena pengaturan Multithreaded Rendering, anda dapat dengan mudah menonaktifkannya dan mengkonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk game anda.


Jika anda tidak menemukan opsi Multithreaded Rendering di pengaturan game anda, kemungkinan besar ini disebabkan oleh jumlah core prosesor yang tidak mencukupi dalam memenuhi persyaratan minimum yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tersebut. Sebagai contoh, CPU Ryzen 5 3500 memiliki 6 core dan 6 thread, tetapi tidak memiliki teknologi Simultaneous Multithreading (SMT), sehingga pengaturan di Valorant tidak tersedia untuk CPU ini. Anda memerlukan CPU dengan teknologi AMD SMT atau Intel Hyper Threading (HT) untuk dapat menggunakan opsi Multithreaded Rendering. Anda dapat memeriksa BIOS anda untuk mengetahuinya.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan Multithreaded Rendering di Valorant di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Multithreaded Rendering di Valorant"