Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Aplikasi Signal Tidak Dapat Mengirim atau Menerima Pesan

 


Pengguna aplikasi Signal terkadang mengeluh bahwa pesan yang mereka kirim dalam group atau individu tidak terkirim. Mereka juga terkadang gagal menerima pesan yang dikirim dari ujung lainnya. Ini adalah error kecil dan dapat diperbaiki dengan mudah dalam beberapa langkah sederhana. Lihat metode perbaikan apa yang harus anda lakukan ketika anda tidak dapat Send (mengirim) atau Receive (menerima) pesan di aplikasi Signal.



Aplikasi Signal Tidak Dapat Mengirim atau Menerima Pesan


Anda dapat memverifikasi jika ada masalah dengan pengiriman pesan dengan melihat status pesan tersebut. Jika anda melihat status Send dengan lingkaran berputar, maka itu artinya pesan belum terkirim. Ini mungkin terkait dengan kecepatan internet anda.


Aplikasi Signal mengandalkan koneksi internet ponsel anda untuk semua komunikasi pribadi. Jadi, jika anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan saat ponsel anda terhubung ke internet, mungkin anda telah membatasi akses internet Signal. Untuk mengatasi masalah ini, sambungkan ke Internet yang menawarkan kecepatan yang baik. Jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, VPN atau Firewall, maka anda harus nonaktifkannya. Demikian pula, jika ada lampiran besar yang anda kirimkan, maka hapus dan coba kirim ulang pesan tersebut.


Dalam kasus lain, anda harus mendaftar ulang ke layanan tersebut. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Dalam metode ini, saya menggunakan ponsel Samsung A50 dengan Android v10. Anda mungkin perlu menyesuaikan langkah untuk mencapai target yang dituju.


  • Buka Settings ponsel anda.

  • Di bawah Settings, ketuk Apps kemudian temukan dan ketuk aplikasi Signal.



  • Di layar berikutnya, ketuk Notifications dan aktifkan dengan mengetuk tombol Show notifications sehingga menampilkan opsi lain dibawahnya. Di ponsel anda mungkin bernama Allow Notifications.

  • Di sini, aktifkan semua opsi yang ada seperti Backups, Calls, hingga App icon badges. 



  • Sekarang, coba daftar/registrasi ulang untuk push notifications dengan membuka aplikasi Signal, kemudian ketuk profil anda dan ketuk Advanced.

  • Setelah itu, jika anda pengguna ponsel lain, anda mungkin mengetuk Re-register for push notifications dan ketuk OK untuk konfirmasi. Dan lankah anda selesai.

  • Untuk pengguna Samsung, di halaman Advanced, ketuk Signal messages and calls dan ketuk OK di popup konfirmasi.



  • Selanjutnya ketuk kembali Signal messages and calls, kemudian pilih Negara dan masukan nomor ponsel anda.

  • Ketuk Next dan OK untuk konfirmasi.

  • Lanjutkan dengan membuat PIN dan ketuk Continue dan proses registrasi ulang anda selesai.





Jika anda mengalami masalah dengan aplikasi Signal di PC, restart komputer anda dan Signal Desktop, kemudian tautkan ulang Signal Desktop jika anda baru saja menginstal ulang Signal di ponsel anda. Penting untuk dicatat disini bahwa jika Signal Desktop tidak aktif selama 30 hari atau lebih, semua pesan yang antri untuk dikirim akan dihapus secara otomatis.


Jika anda masih tidak dapat menerima pesan, kemungkinan besar, anda mungkin telah memblokir kontak. Jika ya, anda perlu membebaskan kontak tersebut dari daftar blokir. Selain itu, anda dapat mengaktifkan kembali izin aplikasi untuk Signal di ponsel anda dan melihat apakah itu memperbaiki masalah anda.


  • Untuk membuka blokir kontak, buka Settings Signal, kemudian pilih Privacy.

  • Selanjutnya, ketuk Blocked user, kemudian ketuk kontak atau group dan ketuk Unblock untuk membuka blokir.




Demikian pula, untuk mengaktifkan kembali izin aplikasi untuk Signal di ponsel anda,


  • Buka Settings ponsel anda dan ketuk Apps.

  • Kemudian ketuk aplikasi Signal dan ketuk Permissions.

  • Disini berikan izin untuk yang berikut ini dengan memilih Allow.

  1. Camera - Fitur penting untuk melakukan video call dan merekam gambar atau video.
  2. Contacts/Phone - Ini memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan kontak anda dan menampilkan nama kontak.
  3. Location - Ini memungkinkan anda berbagi lokasi anda saat ini dalam pesan dengan teman-teman anda.
  4. Microphone - Ini adalah pengaturan penting. Saat diaktifkan, ini memungkinkan anda merekam voice note dan memungkinkan anda untuk didengar di panggilan suara dan video.
  5. Storage - Opsi ini memungkinkan aplikasi Signal untuk mengirim gambar atau video atau file apapun yang sudah disimpan di ponsel anda.




  • Opsi lain yang mungkin anda temukan di Settings ponsel adalah:

  1. Local Network - Dengan opsi ini dihidupkan, anda dapat langsung mentransfer akun anda ke telepon baru.
  2. Notifications - Memberitahu anda dengan notifikasi setiap kali anda menerima pesan atau panggilan.
  3. Background App Refresh - Jika anda mengalami penundaan dalam mengirim dan menerima pesan, gunakan opsi ini untuk merefres aplikasi dan menerima pesan atau panggilan tepat waktu.


Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara backup dan restore chat Signal atau 4 alternatif pengganti WhatsApp terbaik yang benar-benar menghormati privasi anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat memperbaiki aplikasi Signal yang tidak dapat mengirim dan menerima pesan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Aplikasi Signal Tidak Dapat Mengirim atau Menerima Pesan"