Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Full Dark Mode untuk Semua Aplikasi di Android

 


Dark mode atau mode gelap terbukti cukup populer di kalangan pengguna smartphone. Menanggapi meningkatnya permintaan untuk tema bayangan ini, sejumlah besar aplikasi sekarang menyertakan opsi Dark mode. Google juga telah memperkenalkan Dark mode seluruh system resminya di Android 10 yang ketika diaktifkan akan menggelapkan semua aplikasi yang mendukungnya. Meskipun begitu, masih ada aplikasi di luar sana yang tidak mengintegrasikan fitur ini di Android 10.


Untungnya, ada cara untuk memaksakan Dark mode di semua aplikasi di perangkat anda, bahkan yang belum menawarkan opsi Dark mode sendiri. Anda bahkan tidak perlu mengakses aplikasi satu per satu untuk mengaktifkan Dark mode di masing-masing aplikasi. Sebagai gantinya, anda cukup mengaktifkan tombol dan menonaktifkan lampu untuk semua aplikasi anda.



Mengapa Menggunakan Dark Mode di Perangkat Anda


Dark mode menampilkan desain yang mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar sambil mempertahankan rasio kontras warna minimum yang diperlukan untuk keterbacaan. Ini membawa keuntungan yang signifikan bagi penggunanya termasuk mengurangi ketegangan mata dalam kondisi cahaya rendah, memberikan kenyamanan untuk digunakan di lingkungan yang gelap dan tentunya menghemat daya baterai anda.


Tentu saja, tidak semua keuntungan anda dapatkan dengan menggunakan Dark mode. Seperti semua hal di dunia ini, tampilan yang gelap di ponsel anda juga memiliki banyak kerugian, seperti menyebabkan ketegangan mata saat anda menggunakannya di ruangan yang cukup terang. Dalam lingkungan tersebut tidak disarankan menggunakan Dark mode karena dapat mempersulit anda dalam bacaan teks.


Pada akhirnya, membuat lompatan dari Light mode ke Dark mode menjadi pilihan pribadi. Jadi jika anda telah memutuskan untuk mengikuti Dark mode, izinkan saya menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat mengaktifkan Dark mode  untuk semua aplikasi anda yang saat ini anda miliki di Android.



Cara Memaksakan Dark Mode di Semua Aplikasi Android Anda


Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu anda periksa terlebih dahulu. Sebagai permulaan, anda harus menjalankan Android 10 di perangkat anda agar teknik ini berfungsi. Selanjutnya, anda harus mengaktifkan Developer Mode (Settings - About phone - Software information - ketuk Build number sebanyak 7 kali). Setelah anda menaktifkan Developer Mode, ikuti langkah-langkah dibawah untuk mengaktifkan Dark Mode.


1. Buka Settings kemudian pilih Developer options  di perangkat anda.




2. Anda akan disajikan dengan menu fitur dan opsi. Cari dark menggunakan Search di bagian atas layar.


3. Sejumlah opsi akan muncul, tetapi anda harus memilih Force Dark mode atau mungkin Override force-dark di ponsel anda.




4. Anda akan dibawa ke bagian yang menampung fitur ini. Aktifkan tombol Force Dark mode atau Override force-dark di ponsel anda.


5. Setelah mengaktifkan Force Dark mode, ulangi langkah kedua, dan kali ini pilih Dark mode.


6. Anda kembali akan dibawa ke bagian yang menampung fitur ini. Aktifkan tombol Dark mode.




7. Fitur tersebut akan mulai berlaku setelah anda mengaktifkannya.




Sekarang saatnya untuk memeriksa pengaruh dari apa yang baru saja anda lakukan. Temukan salah satu aplikasi terinstal anda yang belum memiliki fitur Dark mode. Misalnya, aplikasi Uber atau Facebook untuk ponsel (hingga saat ini dark mode untuk aplikasi ponsel belum dirilis secara resmi) atau yang lainnya. Seperti yang anda lihat, tampilan keseluruhannya berwarna hitam.


Alasan mengaktifkan fitur Force Dark mode agar keseluruhan tampilan aplikasi menjadi gelap. Jika anda hanya mengaktifkan Dark mode tanpa mengaktifkan Force Dark mode maka tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.




Anda harus memeriksa untuk melihat apakah Forced Dark mode terlihat bagus di aplikasi lain yang belum merangkul Dark mode secara native. Kemungkinan ada beberapa aplikasi tidak terlihat baik, jadi anda harus menunggu rilis resminya.


Ingatlah bahwa metode ini mungkin memiliki batasan tambahan. Misalnya, di WhatsApp saya melihat beberapa gambar (avatar kontak) dipengaruhi oleh inversi warna, tetapi itu hanya diterapkan pada gambar hitam & putih.


Anda juga dapat melakukannya dengan cara biasa dari masing-masing aplikasi seperti WhatsApp, Youtube, Facebook browser, Twitter, Instagram dan lainnya.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara play video YouTube di background Android atau cara mengontrol penggunaan aplikasi anak anda dengan Google Family Link.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Full Dark Mode untuk Semua Aplikasi di Android"