Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Drive USB Untuk Masuk ke Windows


Ketika datang ke Windows, password teks selalu menjadi pilihan utama yang digunakan untuk masuk ke user account Windows. Dan password harus panjang dan rumit sehingga orang tidak dapat menebaknya dengan mudah. Mengingat password yang rumit (dan panjang) tidaklah mudah.

Meskipun pada Windows 8 atau Windows 10 menawarkan bentuk otentikasi baru seperti password gambar atau kode PIN atau bahkan finger print, namun mungkin saja kesalahan terjadi. Untuk menambahkan keamanan ekstra untuk PC Windows anda, anda juga dapat membuat USB flash drive anda menjadi pintu masuk ke Windows anda.

Rohos Logon Key adalah utilitas gratis yang fantastis yang dapat mengubah USB flash drive anda menjadi logon key (kunci masuk). Ini berarti anda tidak perlu memasukkan password anda lagi dan lagi secara manual. Cukup hubungkan USB flash drive dan anda akan masuk ke Windows secara otomatis.

Menginstal dan menggunakan Rohos Logon Key gratis cukup sederhana. Setelah penginstalan, saat anda memulainya untuk pertama kali, ini akan menunjukkan bahwa key USB belum dikonfigurasi. Untuk mengkonfigurasinya, klik Setup authentication key.

Ada beberapa hal yang ingin saya jelaskan sebelum melangkah lebih jauh. Jika ada data yang disimpan di USB flash drive anda, maka data tersebut tidak akan hilang dan akan tetap utuh. Rohos Logon Key hanya akan membuat file sendiri untuk digunakan dan tidak menyentuh data apapun saat ini.

Jika anda mengkhawatirkan keamanan, Rohos Logon Key juga tidak menyimpan password pengguna sebenarnya dalam bentuk teks di USB drive. Data aplikasi disimpan dengan enkripsi AES 256-bit pada drive. Jadi kemungkinan besar, user account anda akan tetap aman meskipun anda kehilangan akses ke USB drive tersebut.


Baik, mari kita lanjutkan. Jika anda mengklik Setup authentication key, ini akan memberi anda pilihan untuk menonaktifkan key saat ini atau menyiapkan key USB baru.


Anda harus memasukkan password akun Windows anda sebelum melanjutkan. Mengklik Setup the key tidak akan memberi anda opsi lebih lanjut, tetapi secara otomatis akan membuat key masuk pada drive USB yang terdeteksi.


Buka drive USB dan lihat apa yang telah dibuat disana. Biasanya, anda tidak akan melihat tambahan apapun di drive USB. Untuk melihat apa yang Rohos Logon Key telah tambahkan ke drive USB, anda harus pergi ke Folder Options. Di Folder Options, klik tab View dan hapus ceklist pada Hide protected operating system files. Anda juga perlu memilih Show hidden files, folder and drive.


Setelah itu, anda akan melihat folder tersembunyi di USB drive anda yang bernama "_rohos." Folder ini akan berisi satu file bernama "roh.roh." Dan jika anda mencoba membuka file di text editor, anda akan melihat beberapa teks nonsens yang berarti file tersebut dienkripsi.


Setelah melakukan langkah diatas, ketika anda merestart atau masuk ke komputer anda di waktu berikutnya maka anda hanya perlu menghubungkan USB drive anda ke komputer anda dan anda akan masuk ke Windows anda secara otomatis. Jika anda mengaktifkan beberapa keamanan untuk login PC, maka pilih Login by the key di login screen dan akan otomatis masuk ke Windows.


Jika suatu saat anda tidak ingin menggunakan keamanan login ini lagi maka, buka aplikasi Rohos Logon Key di Start menu, kemudian pilih Setup authentication key. Setelah itu masukan password Windows anda dan klik Disable key. Anda kemudian akan diminta untuk merestart PC anda. Anda masih menemukan pilihan keamanan ini di login screen namun jika anda menggunakan pilihan login ini, maka PC anda tidak akan meresponnya. Anda juga dapat menghapus pilihan keamanan login Rohos di login screen dengan menguninstall aplikasi.

Ada satu peringatan yang harus saya beritahu disini. Versi gratis dari Rohos Logon Key tidak menyediakan logon darurat yang membantu untuk mengakses komputer jika anda kehilangan drive USB. Sebagai langkah keamanan tambahan, anda harus membuat administrative user tambahan dan menyimpan passwordnya di tempat yang aman sehingga anda dapat mengakses komputer dalam keadaan darurat.

Versi profesional dari Rohos Logon Key juga menyediakan otentikasi 2 faktor (USB Key + Passord) tetapi ini diperlukan hanya ketika anda ingin bekerja di lingkungan yang sangat aman. Jika tidak, anda dapat dengan aman menerapkan keamanan versi gratis untuk membuat user account anda lebih aman.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Drive USB Untuk Masuk ke Windows"