Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cortana Search Bar dan Task View Icon dari Taskbar Windows 10


Di Windows 10, Cortana dan Task View adalah dua fitur utama dalam system operasi ini. Task View adalah salah satu fitur yang didinantikan sebagian besar pengguna Windows selama bertahun-tahun dan akhirnya memulai debutnya di Windows 10. Sementara itu Cortana yang pada awal peluncuran Windows 10 digabungkan dengan Search bar namun kemudian dipisahkan merupakan fitur yang sangat berguna. Namun fitur ini untuk beberapa negara seperti Indonesia belum di dukung.

Jika anda tidak menggunakan fitur-fitur ini maka anda dapat menghapusnya karena mereka dapat mengambil banyak ruang di taskbar anda. Anda dapat menghemat ruang taskbar anda untuk menyematkan program favorit anda lainnya disana. Dan berikut cara yang dapat anda lakukan dengan mudah untuk menghapus Cortana search bar dan Task View icon dari taskbar Windows 10.


Menghapus Cortana Search Bar



1. Gunakan Opsi Bawaan Windows

Salah satu cara untuk menghapus atau menyembunyikan Cortana search bar adalah dengan menggunakan opsi bawaan Windows. Yang harus anda lakukan adalah mengklik kanan pada taskbar dan pilih opsi Show Cortana button untuk menghilangkan ceklist pada opsi ini.


Tindakan ini akan langsung menyembunyikan Cortana search bar dari taskbar Windows anda.


2. Gunakan Registry Editor

Cara lain adalah dengan mengedit key Windows Registry. Sebelum memulai, ada baiknya anda membackup registry Windows atau membuat restore point terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak di inginkan.

  • Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Windows Registry editor.

  • Setelah Registri editor dibuka, navigasikan ke alamat berikut dibawah ini:



  • Di panel kanan temukan SearchboxTaskbarMode dan klik dobel padanya. Ubah Value Data menjadi 0 (nol) dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah melakukan itu, anda sekarang telah berhasil menghapus Cortana search bar dari taskbar Windows 10. Jika anda ingin Cortana search bar kembali, cukup ubah kembali Value Data menjadi 2.

Perhatikan bahwa fungsi Cortana tetap masih ada di system anda walaupun anda telah menghapus Cortana search bar. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan Cortana hanya dengan menekan tombol Win + C pada keyboard anda.


Menghapus Task View Icon


1. Gunakan Opsi Bawaan Windows

Sama seperti Cortana search bar, anda juga dapat dengan mudah menyembunyikan Task View icon hanya dengan mengklik kanan pada taskbar dan kemudian menghapus ceklist pada opsi Show Task View button.


2. Gunakan Registry Editor

Anda juga dapat menyembunyikan atau menampilkannya dari taskbar menggunakan Windows registry editor.

  • Untuk melakukannya, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter.
  • Setelah Registry editor terbuka, navigasikan ke alamat berikut dibawah ini:


  • Klik kanan pada tombol Explorer yang muncul di panel kiri, lalu pilih opsi New - Key dan beri nama key dengan MultiTaskingView.

  • Setelah itu, kita perlu membuat key lainnya. Untuk melakukan itu, klik kanan pada MultiTaskingView dan pilih opsi New - Key dan beri nama dengan AllUpView.
  • Klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama value dengan Enabled dan tekan tombol Enter.

  • Klik dobel pada value yang baru dibuat, dan ubah Value Data menjadi 0 (nol). Setelah anda mengubah value data, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

  • Restart system anda, dan anda tidak akan memiliki Task View icon atau opsi yang terkait dengannya di taskbar Windows 10 anda. Jika anda ingin membuatnya kembali, cukup ubah kembali value data menjadi 1.


Seperti yang anda lihat, cukup mudah untuk menyembunyikan atau menghapus Cortana search bar dan Task View icon di Windows 10.



Sekian tutorial kali ini. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menghapus Cortana search bar dan Task View icon dari taskbar Windows 10. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Cortana Search Bar dan Task View Icon dari Taskbar Windows 10"