Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan dan Menyesuaikan Taskbar di Windows 10


Ketika Windows 8 dirilis dan awalnya pengguna kebingan karena tidak adanya Start menu dan taskbar. Dan Microsoft mendengar keluhan jutaan pengguna dan akhirnya mengembalikan taskbar di Windows 10. Namun sebagian pengguna tidak pernah merasa puas dengan taksbar ini, mungkin salah satunya karena ukurannya yang terlalu besar.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengecilkan taskbar dan mendapatkan kembali sebagian dari ruang layar. Selain itu ada sejumlah tips dibawah ini dapat berguna untuk anda dalam menyesuaikan ataupun menyembunyikannya dari layar anda.

Catatan : Sebelum terlalu jauh, jika taskbar anda bermasalah coba baca kumpulan artikel saya mengenai taskbar DISINI.

1. Sembunyikan Taskbar Saat Tidak Digunakan

Temukan ruang kosong di taskbar dan klik kanan. Klik kanan pada taskbar dan pilih Taskbar settings dari daftar. Jendela Settings akan terbuka, dan anda akan melihat dua opsi.  Automatically hide the taskbar in desktop mode dan Automatically hide the taskbar in tablet mode.


Ketika anda mengaktifkan Automatically hide the taskbar in desktop mode, taskbar hanya akan terlihat saat anda menggerakkan mouse ke bawah ke bagian bawah layar desktop anda.


Memilih untuk mengaktifkan Automatically hide the taskbar in tablet mode hanya berguna jika anda menggunakan tablet/laptop hybrid, seperti Microsoft Surface. Saat tablet terlepas dari keyboard, taskbar hanya akan muncul jika anda menggeser jari anda ke atas dari bagian bawah layar.


Jika anda menggunakan Windows 7, saat mengklik kanan taskbar, anda akan memilih Properties. Kotak Properties Taskbar dan Start menu akan muncul. Di bawah tab Taskbar, anda akan melihat kotak berlabel Auto-hide the taskbar. Cukup beri ceklist pada kotak tersebut maka taskbar anda akan menghilang. Sama seperti di Windows 10, taskbar anda akan muncul jika anda menggerakan kursor mouse anda kebawah layar.



2. Menonaktifkan Notifikasi

Notifikasi program dan system akan membuat taskbar muncul kembali saat taskbar disembunyikan. Meskipun hanya menutup pop-up notifikasi akan menghasilkan perbaikan yang mudah, itu masih merupakan masalah yang berulang.

Klik Action center di pojok kanan bawah dan klik Manage notifications di dibagian atas jendela.


Di Settings, gunakan tombol di sebelah kanan jendela untuk menonaktifkan notifikasi dari program, dan itu akan berhenti mengganggu anda. Atau, jika anda benar-benar tidak tahan dengan notifikasi yang mengganggu, matikan semuanya dengan mematikan tombol Get notifications from apps and other senders.



3. Mengubah Posisi Taskbar

Anda mungkin pernah melihat atau menggunakan OS Ubuntu dimana taskbarnya berada di sebelah kiri layar. Secara umum Windows menempatkan taskbarnya di bagian bawah layar. Jika anda merasa itu membosankan, anda dapat memindahkannya kemana saja. Apapun alasan anda, sangat mudah untuk mengubah posisi taskbar di Windows 10.

Klik kanan pada ruang kosong di taskbar kemudian klik Taskbar settings dan anda akan dibawah ke jendela Settings.


Gulir kebawah ke bagian Taskbar Location on Screen, kemudian pilih lokasi dengan tombol drop-down. Dan taskbar anda akan berpindah sesuai pilihan anda.



4. Mengubah Ukuran Taskbar

Apakah anda suka memiliki banyak program yang mudah dijangkau? Solusi sederhananya adalah menyematkan ikon program ke taskbar. Ruang di taskbar dapat terisi dengan cepat, menyebabkan frustrasi. Untungnya, anda dapat membuat ikon tersebut lebih kecil sehingga anda dapat memuat lebih banyak

Seperti biasa, masuk ke setting taskbar dengan mengklik kanan dan pilih Taskbar settings.


Di jendela Settings temukan tombol bernama Use small taskbar options dan aktifkan. Ikon sekarang seharusnya jauh lebih kecil.



5. Mengurangi Ikon di Taskbar

Untuk mengurangi ikon system atau notifikasi di taskbar. Masuk kembali ke Taskbar settings.

Di jendela Taskbar Settings, gulir kebawah ke bagian Notification area. Buka kedua pengaturan diwabahnya : Select switch icons appear on the taskbar dan Turn system icons on or off. Kemudian nonaktifkan ikon sesuai keperluan anda.


Jika anda tidak pernah menggunakan Cortana, anda juga dapat menghilangkan ikonnya dari taskbar dengan mengklik kanan pada taskbar dan hilangkan ceklist pada Show Cortana button dan itu akan menyembunyikannya.


Dengan pengaturan diatas mungkin tidak menghemat banyak ruang, tetapi jika anda tidak pernah membutuhkan kehadiran mereka, anda mungkin ingin menyingkirkannya dari taskbar.

Sekian! Apakah anda punya tips lainnya untuk Taskbar Windows? Tinggalkan komentar anda dibawah ini dan saya akan menambahkannya di artikel ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan dan Menyesuaikan Taskbar di Windows 10"