Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan User Detail di Login Screen Windows 10/11


Saat anda mencoba login atau ketika anda lock mesin Windows anda, anda akan melihat detail akun anda seperti nama pengguna yang terakhir kali masuk dan alamat email pengguna (jika anda menggunakan akun Microsoft) pada login screen. Jika anda tidak menyukai perilaku ini atau jika anda hanya ingin menyembunyikan semua user detail dari login screen, berikut adalah cara melakukannya.


Menggunakan Group Policy Editor

Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 versi Pro atau Enterprise, maka anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menyembunyikan user detail di login screen Windows 10 atau Windows 11.

  • Untuk melakukannya, tekan Win + R, ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.


  • Tindakan di atas akan membuka Group Policy Editor Windows. Disini, navigasikan ke lokasi dibawah ini.

Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Local Policies - Security Options

  • Setelah anda disini, temukan opsi Interactive Logon: Display user information when the session is locked, dan klik doble padanya.


  • Di jendela pengaturan pilih opsi Do not display user information dari menu drop-down, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Di Group Policy Editor, temukan opsi lainnya Interactive Logon: Don't display last signed-in dan klik doble padanya. Di jendela pengaturan pilih tombol Enabled, dan simpan perubahan dengan mengklik tombol OK.


  • Itu dia! Sekarang Restart system anda.

Sekarang anda seharusnya tidak lagi melihat user name yang terakhir digunakan atau detail lainnya seperti alamat email pada login screen atau lock screen. Satu hal yang perlu diingat saat menggunakan ini adalah itu juga akan menghapus gambar akun anda dari layar login.


Menggunakan Registry Editor Windows

Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 versi Home, maka anda tidak akan memiliki akses ke Group Policy Editor. Dalam hal ini anda dapat menggunakan Registry Editor Windows. Namun, pastikan bahwa anda memiliki backup registry yang baik sebelum melanjutkan untuk melakukan perubahan.

  • Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Registry Editor Windows.


  • Setelah registry editor  terbuka, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

  • Temukan key dontdisplaylastusername di panel kanan dan klik doble padanya. Ubah Value data dari 0 menjadi 1, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama sebagai DontDisplayLockedUserId.


  • Klik doble pada key yang baru dibuat, dan masukkan Value Data dengan 3 dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


  • Restart system anda, dan anda tidak akan lagi melihat User detail di login screen.


Jika anda ingin kembali, cukup ubah Value Data dontdisplaylastusername menjadi 0 dan delete key DontDisplayLockedUserId.

Semudah anda membalikan tangan. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki dan mengembalikan User Account yang hilang dari Login Screen Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pendapat anda tentang penggunaan metode di atas untuk menyembunyikan user detail di login screen Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan atau Menampilkan User Detail di Login Screen Windows 10/11"