Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Sleep atau Lock Otomatis di Windows 10/11


Menjadikan mesin PC desktop atau laptop anda dalam kondisi berdaya rendah dapat membantu dari menghemat tagihan hingga sekadar mencoba memaksimalkan masa pakai baterai laptop anda. Ada beberapa pengguna, bagaimanapun, lebih suka system mereka selalu standby sepanjang waktu, yang sayangnya berbenturan dengan bagaimana Windows 10 atau Windows 11 selalu mematikan komputer jika anda membiarkannya terlalu lama. Dan itu secara otomatis anda harus terus-menerus membangunkannya dan unlock komputer anda.

Dengan alasan itu, mungkin beberapa pengguna ingin menghentikan sleep atau lock otomatis tersebut, dan inilah cara menonaktifkannya.


Menghentikan Sleep

Mengingat Sleep adalah fitur hemat daya pada Windows 10 atau Windows 11, maka kita perlu mengakses power options system operasi sehingga kita dapat memberitahunya untuk menghentikan Sleep.
  • Untuk mengakses opsi-opsi tersebut, pertama klik tombol Start dan pilih Settings. Anda dapat menekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Jendela Settings akan terbuka menampilkan berbagai opsi yang berbeda. Secara umum, jika anda ingin men-tweak sesuatu di Windows 10 atau Windows 11, anda bisa mendapatkan opsi melalui layar ini. Untuk tujuan kita kali ini maka silahkan klik System.
  • Di halaman System Windows 10, temukan opsi Power & Sleep di panel kiri dan klik padanya. Di panel kanan anda akan melihat beberapa opsi mengenai penghematan daya. Jangan ragu untuk mengubah ini jika anda melihat pengaturan apapun yang ingin anda ubah, tetapi untuk artikel ini kita akan fokus pada kategori Sleep. Di Windows 11, klik Power di panel kanan.
  • Anda mungkin melihat opsi lebih atau kurang tergantung pada jenis mesin yang anda gunakan, tetapi terlepas dari berapa banyak yang ada, ubah pengaturan semua ini ke Never. Itu akan menghentikan komputer dari Sleep sepenuhnya. Jika anda menggunakan laptop, anda dapat mengaturnya agar tidak pernah tidur saat dicolokkan ke listrik tetapi tetap Sleep ketika hanya mengunakan daya baterai. Di Windows 11, anda perlu memperluas bagian Screen and sleep dan ubah opsi ke Never.


Menghentikan Sleep dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Pilihan lain, mari kita asumsikan sejenak bahwa anda tidak dapat mengakses power options ini. Mungkin saat ini anda menggunakan account dimana aplikasi Settings-nya dikunci, seperti komputer kantor. Jika ini terjadi pada anda, jangan khawatir; ada solusi yang dapat anda gunakan melalui aplikasi pihak ketiga. Ini akan membantu komputer tetap aktif meskipun anda tidak dapat menetapkan opsi secara manual di Windows 10 atau Windows 11.


1. Don’t Sleep

Don’t Sleep adalah aplikasi portabel yang memungkinkan pengguna untuk menghentikan Windows 10 atau Windows 11 dari Sleep. Portable berarti tidak memerlukan instalasi untuk dijalankan, memungkinkan anda menyimpannya ke USB drive dan menjalankannya di mesin apapun. Ini menjadikannya alat yang berguna untuk dibawa bersama anda jika anda menggunakan banyak komputer tempat anda tidak dapat mengedit power options.


Untuk menggunakannya, cukup jalankan executable. Semuanya harus siap untuk menggunakan "out of the box," tetapi hanya untuk memastikan, periksa bahwa opsi yang ingin anda blokir dicentang di bawah kategori Blocking dan bahwa blocker diatur ke Enabled.

Anda dapat memilih Don't Sleep untuk hanya bekerja dalam jangka waktu tertentu dan bahkan menginstruksikannya tentang apa yang harus dilakukan ketika waktu habis.


2. Caffeine

Caffeine adalah pilihan ringan dan portabel yang dapat anda gunakan untuk menghentikan Windows 10 atau Windows 11 dari Sleep. Gagasan di balik Caffeine adalah bahwa setiap 59 detik aplikasi ini mensimulasikan penekanan tombol di komputer anda secara otomatis, sehingga Windows anda mengira anda masih bekerja dengan PC anda.

Menjalankan Caffeine semudah anda mengedipkan mata anda. Ikon teko kopi kecil akan terletak di taskbar anda yang menunjukkan bahwa Caffeine sedang berjalan (teko terisi) atau tidak (teko kosong).


Anda dapat mengklik kanan atau mengklik doble ikon ini untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya. Ini membuatnya menjadi cara yang bagus dan bebas gangguan untuk menghentikan Windows 10 dari Sleep.


Membiarkan komputer Sleep secara otomatis dapat mengganggu, terutama jika anda tidak dapat memperoleh izin untuk mengakses power options di komputer. Namun sekarang anda tahu cara menghentikan Windows 10 atau Windows 11 dari Sleep, baik melalui Settings resmi atau melalui aplikasi portable pihak ketiga.

Apakah Sleep mode menyebabkan lebih banyak masalah daripada manfaat untuk anda? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghentikan Sleep atau Lock Otomatis di Windows 10/11"