Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Font Menggunakan Windows Registry


Penggunaan komputer disuguhkan oleh banyaknya teks dengan berbagai bentuk dan model yang dibaca setiap hari. Namun, sebagian besar informasi yang anda baca, font tidak akan pernah menjadi perhatian utama anda. Sampai suatu ketika - entah setan apa yang merasukimu - anda akhirnya terhempas dan berkelana ke website seperti 1001 Free Fonts atau Da Font. Di website tersebut anda akhirnya tergoda dengan beberapa bentuk font yang unik ataupun lucu dan tanpa ragu anda akhirnya mendownload beberapa font untuk melihat tampilannya atau menyelesaikan satu tugas yang sudah lama terlupakan atau bahkan menggunakannya sebagai font default system anda.

Setelah selesai mendownlad, anda pasti akan menginstallnya di PC anda, namun karena mungkin anda tidak suka andapun menghapusnya lagu. Begitu seringnya anda melakukan ini sampai pada akhirnya anda mendapatkan pesan error saat anda menghapus font atau kelompok font, seperti gambar dibawah ini.


Pada pesan error tersebut, Windows tidak memberikan informasi tentang aplikasi apa yang menggunakan font tersebut; bahkan pada jendela rinciannya, system operasi tidak mengidentifikasi dimana font tersebut digunakan. Hal ini bisa melelahkan jika kita mencoba menggali lebih jauh untuk menghilangkan tersangka potensialnya.

Namun dengan menggunakan Registry Editor, dapat dimungkinkan untuk meminggirkan pesan error yang mengganggu ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Tekan Win + R  untuk membuka jendela Run. Kemudian ketik regedit dan tekan Enter.


2. Setelah di registry editor, ikuti jalur berikut dibawah ini. Di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat mengcopy jalur dibawah dan pastekan ke registry editor dan tekan Enter untuk menuju target.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts


3. Ketika anda mencapai titik ini, anda akan melihat semua font yang saat ini diinstal pada komputer anda. Banyak dari font ini akan menjadi standar untuk Windows 7, Windows 8 atau Windows 10 dan Windows 11. Anda dapat memeriksa ulang font yang disediakan sebagai standar pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 atau Windows 11 sebelum melakukan hal lain. Jika anda menemukan anda telah menghapus font inti dari system Windows anda, Microsoft menyediakan akses ke font-font ini secara gratis, dan saya sangat menyarankan anda menginstalnya kembali.


4. Temukan font yang ingin anda hapus, verifikasi bahwa itu bukan font standar yang disediakan dalam Windows, dan kemudian tekan Delete atau klik kanan pada font dan pilih opsi Delete. Komputer tidak akan menghasilkan pesan error, tetapi akan menghapus font seperti yang diminta.


5.Karena anda telah men-tweak registry internal Windows, maka anda harus me-restart komputer anda pada titik ini untuk memastikan bahwa perubahan telah berlaku.

Selama pengujian saya, saya tidak perlu reboot; asalkan font tersebut tidak digunakan dalam dokumen Word terbuka atau serupa, efeknya segera berlaku setelah anda menghapusnya, dan font tersebut akan berhenti ditampilkan dan digantikan dengan font default pada aplikasi ataupun system.


Setelah di-reboot, buka program seperti Word atau Notepad atau di Control panel dan periksa font-fontnya. Font yang anda hapus seharusnya tidak lagi terdaftar disana. Jika anda memiliki dokumen yang awalnya ditulis dalam salah satu font ini, font tersebut kemungkinan akan ditampilkan sebagai Times New Roman atau font inti lainnya, meskipun mungkin masih memiliki nama yang sama. Cukup ganti font ke sesuatu yang lain dan masalah akan terpecahkan.

Disarankan agar anda tidak memodifikasi font inti yang disertakan dengan Windows karena itu penting. Contohnya, meskipun anda mungkin tidak sering menggunakan font Verdana, namun font tersebut penting untuk system. Fon ini dimaksudkan untuk tersedia pada komputer sebanyak mungkin untuk memungkinkan kompatibilitas.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini.Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghapus Font Menggunakan Windows Registry"