Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Huruf Pada Menu, Dialog Box dan Lainnya di Windows 10/11


Pada artikel sebelumnya saya telah menjanjikan akan mengajarkan pada anda bagaimana mengganti huruf/font pada berbagai menu, menu konteks klik kanan, dialog box dan berbagai teks lainnya di Windows 10 atau Windows 11. Dan kali ini waktunya untuk mengajarkan kepada anda.

Seperti yang anda ketahui, pada Windows XP atau Windows 7 hal ini sangat mudah dilakukan. Anda  hanya klik kanan di desktop anda, kemudian pilih properties, selanjutnya klik tab Appearance dan kemudian anda dapat mengubahnya di bagian Advanced. Hal ini tidak akan anda temukan di Windows 8, Windows 10 maupun Windows 11.


Satu-satunya opsi yang anda miliki adalah mengganti huruf system dimana itu akan mengubah huruf secara keseluruhan di Windows anda dan juga mengatur ukuran hurufnya. Dan untuk mewujudkan impian anda dalam mengganti huruf pada menu klik kanan dan lainnya, anda harus mengedit sedikit registry anda.

Sebelum mengikuti langkah-langkahnya, ada baiknya anda membackup registry anda atau membuat restore points untuk menjaga hal yang tidak di inginkan. Jika terjadi kesalahan dalam mengedit registry, akan akan menyebabkan system anda terganggu bahkan menyebabkan error BSoD.

Catatan : Tutorial ini dapat anda terapkan juga di Windows 8.


Cara Mengganti Huruf Menu dan Lainnya

  • Sebelum anda memulainya ada baiknya anda mendownload IconFont terlebih dahulu untuk membantu melihat kode font yang akan dibutuhkan di langkah selanjutnya.
  • Setelah mendownload, buka IconFont dan itu akan menampilkan nama font anda saat ini.
  • Sekarang, anda perlu mencaritahu nama font yang ingin anda ganti dengan yang default. Anda dapat mencarinya di Control Panel. Buka Control Panel, ubah View by ke Large atau Small icons (kanan atas) dan pilih Font dari daftar.

  • Temukan font yang anda inginkan dan catat nama fontnya. Disini saya akan menggunakan Javanese Text Regular.
  • Di jendela IconFont, masukan nama font yang ingin anda gunakan di sebelah Input font name dan tekan Enter.

  • Langkah selanjutnya buka Registry Editor anda dengan menekan Win + R, ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor telusuri jalur dibawah ini, atau anda dapat copy jalur dibawa dan pastekan di address bar Registry Editor dan tekan Enter.
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics

  • Saat menekan Enter di jendela IconFont, ia akan menghilang. Anda mungkin mengira itu tidak berhasil, namun jangan panik. Di registry, jika anda melihatnya maka nomor biner pada value data berbeda dari lainnya. Nah, nomor biner ini yang kita butuhkan untuk mengubah huruf.
  • Sekarang klik dobel pada IconFont di Registry Editor, kemudian blok semua kode biner lalu Copy diikuti dengan klik OK.

  • Kemudian klik dobel pada MenuFont atau CaptionFont atau MessageFont atau SmCaptionFont atau StatusFont.
  • Hapus kode biner yang ada dan pastekan kode biner yang telah anda copy pada langkah sebelumnya. Setelah itu klik OK.

  • Anda dapat menggunakan huruf yang berbeda pada MenuFont, CaptionFont, MessageFont, SmCaptionFont, dan StatusFont dengan mengulangi langkah diatas.
  • Setelah selesai tutup Registry Editor dan Restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Setelah anda masuk maka tampilan huruf seperti pada icon desktop, menu, file explorer anda akan berubah sesuai pilihan anda. Suatu saat jika anda bosan dengan tampilan huruf tersebut, anda kemudian dapat menggantinya kembali sesuai keinginan anda.


Metode ini sangat mudah anda lakukan tetapi terkadang terjadi kegagalan dalam penerapannya sehingga anda harus mengulangnya dari awal. Jadi jangn patah semangat untuk mencobanya lagi dan lagi hingga anda berhasil.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dan pengalaman tentang cara mengganti huruf pada menu, menu konteks klik kanan, dialog box dan teks lainnya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengganti Huruf Pada Menu, Dialog Box dan Lainnya di Windows 10/11"