Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?


RAM adalah komponen inti komputer, tetapi disini saya tidak banyak membicarakannya. Jika tidak memiliki desain penyebar panas dan aksesoris RGB, RAM pasti jarang mendapat panas. CPU menetapkan kondisi dimana mengistirahatkan bbuild anda untuk beroperasi, tetapi anda dapat membuat sedikit lebih cepat dari PC anda dengan RAM yang lebih cepat. Baik clock speed dan timing, atau latensi, menentukan kecepatan RAM anda.


Menemukan Clock Speed RAM Anda

Kecepatan RAM anda dapat ditemukan pada kotak atau modul melalui software seperti CPU-Z atau di dalam BIOS/UEFI. Nama lengkap modul RAM anda akan menjadi seperti berikut:



DDR4 atau DDR3 menjelaskan generasi DDR yang kompatibel dengan chip. Nomor yang sama (2, 3, atau 4) muncul di nomor PC, menggambarkan hal yang sama.

Angka empat digit pertama, 3200 atau 1600 dalam contoh saya, sering dikatakan menunjukkan kecepatan clock RAM dalam megahertz. Itu sebenarnya sedikit hal pemasaran, tetapi jangan merasa buruk: kesalahpahaman ini secara langsung didorong oleh OEM dan pengecer PC. Angka itu sebenarnya melaporkan laju data, diukur dalam megatransfers per detik, atau 106 operasi transfer data per detik.

Dalam DDR RAM, kecepatan clock aktual adalah setengah dari kecepatan data - 1600 MHz, dalam contoh saya meskipun itu ditingkatkan dari kecepatan clock internal RAM sebesar 400 MHz melalui bit pre-fetch multiplicative. Tetapi karena DDR mentransfer data dua kali per tick pada jam, clock speed efektif dapat dikatakan dua kali lipat clock speed nyata. Sebagai hasilnya, kecepatan data efektif sama dengan clock speed nyata dalam MHz.

PC number, 25600 atau 10700 dalam contoh saya, menunjukkan kecepatan transfer yang diukur dalam megabyte per detik (MB/s). Dengan mengalikan laju data (dalam megatransfers) dengan luas bus I/O (64-bit di semua motherboard modern), kita dapat menentukan kecepatan transfer maksimum yang mungkin:

3200 megatransfers per detik x (64 bit per transfer / 8 bit per byte) = 25600 MB/s

Setiap angka secara independen memberitahu anda seberapa cepat RAM. Tetapi kedua angka memberikan informasi yang sama, hanya dalam bentuk yang berbeda.


Apa itu RAM Timing?


Timing adalah cara lain untuk mengukur kecepatan RAM. Timing mengukur latensi antara berbagai operasi umum pada chip RAM. Latensi adalah penundaan antar operasi. Ini dapat dianggap sebagai "waktu tunggu." Timing minimum ditentukan oleh spec, sehingga anda dapat membaca tabel RAM timing tercepat yang mungkin untuk setiap spesifikasi DDR.

Saya mengukur RAM timing dalam siklus jam. Pengecer mencantumkan waktu sebagai empat angka yang dipisahkan oleh tanda hubung, seperti 16-18-18-38. Angka yang lebih kecil lebih cepat. Urutan angka memberitahu anda artinya.



Nomor pertama: CAS Latency (CL)

Waktu yang diperlukan memory untuk merespons CPU adalah CAS latency (CL). Tetapi CL tidak dapat dianggap terpisah. Formula ini mengubah waktu CL menjadi nanodetik, yang didasarkan pada kecepatan transfer RAM:


Akibatnya, RAM yang lebih lambat sebenarnya dapat memiliki latensi aktual yang lebih rendah jika memiliki CL yang lebih pendek.


Nomor kedua: TRCD

Modul RAM menggunakan desain berbasis grid untuk menunjukannya. Perpotongan nomor baris dan nomor kolom menunjukkan alamat memory tertentu. Address baris ke address delay kolom (TRCD) mengukur latensi minimum antara memasukkan baris baru di memory dan mulai mengakses kolom di dalamnya. Anda dapat menganggapnya sebagai waktu yang dibutuhkan RAM untuk "sampai ke" address. Waktu yang diperlukan untuk menerima bit pertama dari baris yang sebelumnya tidak aktif adalah TRCD + CL.


Nomor Ketiga: TRP

Row Precharge Time (TRP) mengukur latensi yang terlibat dalam membuka baris baru di memory. Secara teknis, ini mengukur latensi antara mengeluarkan perintah precharge untuk idle (atau close) satu baris dan perintah aktifkan untuk membuka baris yang berbeda. Seringkali identik dengan angka kedua. Faktor yang sama mempengaruhi latensi kedua operasi.


Nomor Keempat: TRAS


Row Active Time (TRAS) mengukur jumlah siklus minimum yang harus tetap terbuka untuk menulis data dengan benar. Secara teknis, ini mengukur latensi antara perintah aktifkan pada satu baris dan mengeluarkan perintah precharge pada baris yang sama atau waktu minimum antara membuka dan menutup baris. Untuk modul SDRAM, TRCD + CL menghitung TRAS.



Latensi ini memang membatasi kecepatan RAM anda. Tetapi spesifikasi RAM menetapkan batas, bukan fisika. Pengontrol memory yang mengelola RAM anda menerapkan timing ini, yang berarti pengaturan tersebut dapat diubah (jika motherboard mengizinkannya). Anda mungkin bisa mendapatkan kinerja dari RAM anda dengan melakukan overclocking dan memperketat timing dengan beberapa siklus.

RAM overclocking adalah teknik overclocking hardware yang paling temperamental, yang membutuhkan pendingin dan eksperimen paling banyak. Tetapi RAM yang lebih cepat mempersingkat waktu pemrosesan untuk beban kerja yang terikat dengan RAM, meningkatkan kecepatan rendering dan responsif mesin virtual.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah untuk berbagi pengetahuan tentang RAM Timing ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Apa itu RAM Timing dan Mengapa Itu Penting?"