Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Opsi Accessibility Android Bermanfaat yang Tidak Pernah Anda Tahu


Mereka yang telah bekerja untuk mengembangkan platform Android ingin memastikan bahwa setiap orang memiliki akses untuk menggunakan perangkat apapun yang menghalangi mereka. Mereka yang memiliki cacat permanen seperti gangguan penglihatan atau pendengaran atau mereka yang memiliki gangguan sementara seperti lengan yang patah dapat menggunakan sebagian besar fitur Android dengan mengaktifkan opsi aksesibilitas Android yang sesuai.

Tapi bagaimana dengan kita semua? Apakah opsi ini hanya untuk mereka yang dinonaktifkan dengan cara tertentu? Meskipun itulah alasan opsi tersebut tersedia, opsi aksesibilitas ini adalah untuk semua orang. Mereka dapat membuat beberapa tugas yang anda perlu selesaikan di ponsel anda menjadi lebih mudah.

Berikut adalah lima opsi aksesibilitas yang mungkin anda minati. Ada begitu banyak lagi yang akan anda temui saat anda melihatnya juga. Mengapa tidak membuat pengalaman Android anda lebih sederhana dari yang sudah ada?


1. Magnification (Pembesaran)

Menggunakan opsi gerakan pembesaran akan sangat memperbesar segala sesuatu di layar anda kecuali untuk keyboard dan bar navigasi. Untuk menggunakan opsi ini, pertama-tama aktifkan di Settings/Pengaturan.

  • Buka Settings dengan menarik ke bawah layar bagian atas ponsel anda dan menekan ikon roda gigi di sudut kanan atas.
  • Gulir ke bawah untuk memilih Accessibility.
  • Ketuk Visibility enhancements.


  • Gulir ke bawah untuk menemukan Magnification dan ketuk.
  • Pilih Triple tap screen to magnify.
  • Tekan tombol geser untuk mengaktifkan Magnification.


Setelah anda mengaktifkan Magnification, ketuk tiga kali pada layar ponsel anda, maka tampilan layar akan membesar.

Untuk bergerak di sekitar layar, letakkan dua jari di layar dan seret ke sekeliling. Ketuk tiga kali lagi untuk mengembalikan tampilan ke tampilan standar layar.


2. High contrast fonts

Jika terkadang anda merasa teksnya agak sulit dibaca, anda dapat mengubah huruf dengan kontras lebih tinggi dan membuat teks lebih menonjol.

  • Buka Settings seperti dijelaskan di atas. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Accessibility.
  • Ketuk Visibility enhancements.
  • Nyalakan tobol saklar di sebelah High contrast fonts.


Setelah anda menyalakannya, semua teks di ponsel anda akan memiliki garis besar baru yang membuatnya lebih mudah dibaca.



3. Color Lens

Jika anda mengalami kesulitan membaca cetakan untuk jangka waktu yang lama, anda dapat mengambil manfaat dari penggunaan opsi aksesibilitas Color Lens. Opsi ini menambahkan lapisan warna di atas teks anda. Anda dapat mengubah warna dan intensitas warna untuk mengurangi ketegangan mata, menghilangkan sakit kepala, dan memungkinkan anda membaca lebih cepat dan untuk waktu yang lebih lama.

Untuk bereksperimen dengan Color Lens, masuk ke Settings dan pilih Accessibility kemudian akses Visibility enhancements. Disini anda gulir ke bawah dan pilih Color Lens. Jika dalam pengaturan tidak ada Color Lens, anda dapat mengubah pengaturan Collor correction.



4. Subtitles

Jika anda mengalami kesulitan mendengar kata-kata yang diucapkan di video karena gangguan pendengaran, anda dapat menggunakan subtitle Google untuk menambahkan kata-kata itu ke layar. Ini juga akan berguna jika anda berada di lingkungan yang bising atau tenang dimana suara akan mengganggu.

Untuk menemukan terjemahan, ikuti petunjuk ini:

  • Buka Settings, seperti dijelaskan di atas, lalu gulir ke bawah dan pilih Accessibility.
  • Ketuk Hearing enhancements.
  • Temukan Google Subtitle dan aktifkan tombol saklar.
  • Ketuk kata-kata Google Subtitle, dan anda dapat mengatur berbagai opsi untuk teks yang dibuatnya.


Pilihan itu termasuk bahasa untuk teks, ukuran teks, dan gaya teks.


5. Interaction control

Jika anda mengalami kesulitan menggesekkan layar untuk menjawab atau mengakhiri panggilan, anda dapat mengubah pengaturan dalam Interaction control untuk menggunakan tombol fisik ponsel. Ada opsi untuk menggunakan tombol Power untuk mengakhiri panggilan dan tombol Volume naik untuk menjawab.

  • Buka Pengaturan seperti dijelaskan di atas. Gulir ke bawah dan pilih Accessibility.
  • Ketuk Interaction and dexterity.
  • Temukan opsi Answering and ending calls dan ketuk.
  • Nyalakan tombol saklar apapun untuk opsi yang ingin anda aktifkan.


Seperti yang anda lihat, opsi Android Accessibility, meskipun dirancang untuk mereka yang cacat, dapat bermanfaat bagi semua orang. Manakah dari opsi ini yang akan anda gunakan? Atau apa yang anda temukan yang mungkin berguna bagi semua orang? Berikan tanggapan anda di kolom komentar di bawah ini. Terikasih dan GBU.

Post a Comment for "5 Opsi Accessibility Android Bermanfaat yang Tidak Pernah Anda Tahu"