Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan Halaman Settings App Tertentu di Windows 10


Di Windows 10, Settings app memungkinkan anda untuk mengubah dan menyesuaikan banyak opsi dan pengaturan yang terkait dengan system operasi. Jika anda berbagi komputer dan tidak ingin pengguna mengacaukan pengaturan yang telah anda terapkan, maka anda dapat dengan mudah menyembunyikan halaman Settings app tertentu ini. Begini cara untuk mengaturnya.


Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Yang Gratis

Cara termudah untuk menyembunyikan atau memblokir halaman tertentu dalam Settings app adalah dengan menggunakan program gratis yang disebut Win 10 Settings Blocker. Hal yang baik tentang aplikasi ini adalah bahwa itu portabel, namun bukan tidak perlu menginstalnya untuk menggunakannya.

1. Buka situs developer website dan download aplikasi. Ekstrak ke desktop anda, dan jalankan aplikasi.


2. Untuk menyembunyikan halaman tertentu, pastikan opsi Hide Pages dipilih di menu drop-down pertama, klik kanan pada ruang kosong dan pilih opsi Add New.


3. Pilih URI dari halaman Settings app yang ingin anda sembunyikan, dan klik tombol Add to list. Sebagian besar pengaturan URI cukup jelas dan ikuti nama sebenarnya dari halaman pengaturan target. Jika anda pernah bingung, lihat dokumentasi resmi ini untuk informasi lebih lanjut tentang URI tertentu.

4. Di jendela utama klik pada ikon Save untuk menyimpan perubahan.


5. Perubahannya instan. Jika anda membuka Settings app, anda tidak akan lagi melihat halaman tersembunyi. Lihat perbedaannya di gambar dibawah ini.



6. Anda juga dapat membuatnya sehingga hanya halaman tertentu yang terlihat dan yang lainnya disembunyikan. Untuk melakukan itu, pilih Show Only Pages di menu drop-down pertama, dan tambahkan halaman yang ingin anda tampilkan. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

7. Jika anda pergi ke Settings app, anda hanya akan melihat halaman root yang relevan dari pengaturan yang tersedia. Yang lainnya disembunyikan.


8. Ketika anda membuka halaman pengaturan root, anda hanya akan melihat halaman yang anda tambahkan secara eksplisit dalam aplikasi. Semua halaman lain akan disembunyikan dari pandangan biasa.

9. Untuk menampilkan semua halaman Settings, pilih Disable Blocking dari menu drop-down pertama, atau hapus entri dengan mengklik kanan pada item dan memilih opsi Delete.


Menggunakan Group Policy Editor

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menyembunyikan halaman pengaturan tertentu, Anda dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup. Kelemahannya adalah bahwa Editor Kebijakan Grup hanya tersedia untuk pengguna Pro dan Enterprise. Jika Anda adalah pengguna Beranda, maka ikuti metode pertama.

1. Cari gpedit.msc di pencarian Cortana dan klik Open. Di Group Policy Editor, buka User Configuration - Administrative Templates - Control Panel.

2. Pada panel kanan temukan dan klik doble pada kebijakan Settings Page Visibility.


3. Di jendela properti pilih opsi Enabled. Di bawah bagian Options masukkan hide:settings_page_uri, dan klik tombol Apply. Jangan lupa untuk mengganti settings_page_uri dengan URI yang sebenarnya tanpa bagian "ms-settings:".

Misalnya, saya ingin menyembunyikan halaman Background, jadi saya memasukkan hide:personalization-background di bidang pilihan. Anda dapat menemukan daftar semua Settings URI di halaman dokumen resmi Microsoft ini.


4. Untuk membuat perubahan kebijakan mulai berlaku, Restart PC anda.

5. Setelah restart, anda tidak akan lagi menemukan halaman itu di Settings app.



6. Jika anda ingin kembalikan seperti semula, pilih Not configured atau Disabled di jendela pengaturan kebijakan.

Tinggalkan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menyembunyikan atau memblokir halaman Settings app di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan Halaman Settings App Tertentu di Windows 10"