Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Plugin Flash di Chrome


Pernahkah anda mengalami masalah ini? Anda sedang bekerja online menggunakan Google Chrome, ketika tiba-tiba sebuah halaman yang anda butuhkan memunculkan pesan error yang mengatakan plugin (Flash) tidak dapat dimuat. Apakah anda mencari halaman lain? Itu bisa berfungsi dalam jangka pendek, tetapi anda mungkin masih memiliki masalah mendasar dengan plugin. Hal itu bisa kembali membuat anda tidak nyaman lagi. Sebaiknya, lebih baik untuk menyelesaikan kesalahan plugin sekarang.

Plugin membantu merender halaman web atau menyediakan fungsionalitas tertentu di halaman. Misalnya, plugin Flash membantu memuat halaman web dengan video atau konten flash lainnya. Ketika Flash tidak berfungsi dengan benar, ada banyak masalah yang dapat anda hadapi.

Flash mungkin menurun popularitasnya, tetapi jika anda memerlukannya dan tidak berfungsi, berikut ini beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengatasi kesalahan plugin di Chrome pada Windows 10. Jika tidak berfungsi, lanjutkan dan coba berikutnya.


Ubah nama pepflashplayer.dll

File pepflashplayer.dll terkadang dapat menyebabkan masalah dengan konten Flash. Langkah pertama yang harus anda coba atasi masalahnya adalah mengganti nama file ini.
  • Temukan file dengan terlebih dahulu mengakses dialog jalankan dengan menekan Win + R. dan dalam kotak ketik %localappdata% dan tekan Enter. Ini akan membawa anda ke appdata - local.
  • Klik pada folder Google, kemudian ikuti jalur Chrome - User data - Pepperflash - dan klik folder dengan nama angka-angka.
  • Di dalam folder tersebut, cari pepflashplayer.dll, dan ganti namanya menjadi pepflashplayerX.dll.
  • Keluar dari browser, lalu buka kembali dan coba muat kembali halaman yang error tersebut.
Jika solusi ini tidak berfungsi, ada hal lain yang perlu dicoba.


Gunakan Command Prompt

Terkadang file yang rusak pada komputer Windows 10 dapat menyebabkan kesalahan pada plugin. Untuk memperbaikinya, gunakan command prompt untuk memasukkan dua perintah yang akan memindai system dan memperbaiki file yang rusak.
  • Pada pencarian Cortana, ketik cmd dan klik Run as administrator.
  • Saat Command Prompt terbuka, ketik sfc /scannow lalu tekan Enter.
  • Komputer akan menjalankan pemindaian dan memperbaiki file yang rusak.
Jika perintah itu tidak berjalan, anda dapat mencoba mengetik perintah dibawah ke dalam Command Prompt.

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth


Setelah mencoba satu atau kedua perintah di atas, luncurkan kembali browser Chrome anda dan lihat apakah pesan error di halaman itu telah hilang.

Pesan kesalahan masih ada? Ini opsi yang berbeda.


Hapus folder PepperFlash
  • Untuk menghapus folder PepperFlash, pertama keluar dari browser anda.
  • Buka folder yang berisi PepperFlash yang ditemukan di langkah pertama. Ikuti jalur Google - Chrome - User data.
  • Klik kanan pada folder dan klik delete.
  • Buka kembali browser dan halaman yang error tadi untuk melihat apakah masalah telah teratasi.


Flash tidak lazim seperti dulu dan Chrome telah sangat membatasi opsi anda dalam pengaturan untuk menangani masalah. Tidak ada lagi cara yang mudah untuk membiarkan plugin berjalan sepanjang waktu, yang akan memecahkan masalah. Jadi, jika anda masih membutuhkan Flash untuk menjalankannya, gunakan tiga trik yang tercantum di atas sebagai peluang untuk mengatasi error yang sedang anda hadapi.

Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu menyelesaikan error plugin Flash di browser Chrome anda. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Plugin Flash di Chrome"