Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Windows File Explorer Yang Harus Anda Tahu


Di Windows, File Explorer adalah salah satu program yang paling sering bahkan wajib digunakan. Meskipun File Explorer terlihat sederhana, namun program ini cukup kuat dan penuh dengan fitur. Bahkan, ia memiliki beberapa opsi tersembunyi atau sulit ditemukan yang dapat membuat hidup anda sedikit lebih mudah. Berikut adalah beberapa tips File Explorer yang berguna yang harus anda pertimbangkan. Simak penjelasannya dibawah ini.


1. Tampilkan Ekstensi File


Saya benar-benar tidak tahu mengapa Windows masih tidak mengaktifkan opsi ini secara default, tetapi penting bahwa anda mengkonfigurasi File Explorer untuk menampilkan ekstensi file untuk semua file, bukan hanya file yang tidak dikenal. Hal yang baik adalah cukup mudah untuk mengaktifkan opsi ini. Cukup buka File Explorer, klik pada tab "View" dan kemudian beri ceklist pada "File Name Extensions," dan masalah anda selesai.


2. Jadikan This PC Sebagai Halaman Default

Secara default, ketika anda membuka File Explorer, halaman pertama yang ditampilkan atau halaman yang akan terbuka langsung adalah halaman Quick Access. Secara umum, halaman Quick Access mencantumkan folder yang sering digunakan dan file terbaru. Namun, jika anda seperti saya dan ingin memiliki akses cepat ke berbagai drive anda, maka lebih baik untuk mengubah halaman File Explorer default ke This PC.


Untuk melakukan itu, klik pada tab "View" dan kemudian klik pada tombol "Options." Di jendela Folder Options pilih "This PC" dari menu drop-down di sebelah "Open File Explorer to" dan klik tombol "Apply" dan "OK."


3. Aktifkan Checkboxes (Kotak Ceklist)

Di Windows, anda dapat memilih beberapa file atau folder dengan menahan tombol Ctrl dan mengklik file atau folder dengan mouse anda. Atau anda dapat mengaktifkan fitur kotak ceklist yang memungkinkan anda memilih beberapa file tanpa menahan tombol Ctrl. Fitur kotak ceklist sangat berguna ketika anda tidak tahu apa atau berapa banyak file atau folder yang akan anda pilih. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka File Explorer, klik pada tab "View" dan pilih opsi "Item Check Boxes."


Setelah anda mengaktifkan opsi ini, anda akan melihat kotak ceklist di sebelah kiri nama file atau folder. Beri ceklist pada kotak (bukan klik nama file/folder) untuk memilih file.


4. Tampilkan Alamat lengkap di Title Bar


Tidak peduli dimana anda berada di File Explorer, title bar tidak akan menunjukkan atau menampilkan alamat folder secara utuh. Sampai anda mengklik alamatnya, anda tidak akan melihat alamat secara lengkap yang sebenarnya. Jika mau, anda dapat membuat file explorer memperlihatkan alamat secara lengkap. Untuk melakukannya, buka tab "View", dan klik tombol "Options".


Di Jendela Options, buka tab "View", pilih "Display the full path in the title bar," dan klik tombol "OK."


5. Luncurkan Folder dalam Proses Terpisah

Jika anda menggunakan Windows cukup lama, anda mungkin melihat File Explorer crash dalam kondisi tertentu. Ketika anda meluncurkan beberapa folder dan satu folder menyebabkan crash, semua folder akan runtuh bersama dengan yang menyinggung. Ini karena File Explorer berjalan pada instance proses tunggal. Dengan mengkonfigurasi File Explorer untuk meluncurkan folder dalam proses terpisah, anda dapat menghindari kerusakan parah ini.


Untuk mengaktifkan fitur proses terpisah, buka tab "View," dan klik tombol "Options". Sekarang, pada jendela Options buka tab "View", beri ceklist pada "Launch folder Windows in a separate process" dan klik tombol "OK."


6. Buka Folder di Panel Navigasi

Saat anda menelusuri berbagai folder di File Explorer, anda dapat melihat bahwa itu akan menyoroti drive root folder. Jika mau, anda dapat memperluas navigasi secara manual. Namun, memiliki pohon folder diperluas secara otomatis cukup membantu untuk navigasi cepat.


Untuk melakukan itu, buka jendela Folder Options dengan mengklik tombol "Options" di tab "View." Selanjutnya, buka tab "View" dan beri ceklist pada kotak "Show all folders."


7. Sembunyikan Recent Activity di File Explorer

Secara default, File Explorer akan mencantumkan aktivitas terbaru anda tepat di halaman depan. Meskipun ini bermanfaat dan memberi anda akses cepat ke file terbaru anda, namun jika anda tidak menyukai perilaku ini, anda dapat menghentikan File Explorer dari pelacakan dan daftar aktivitas anda.


Untuk melakukan itu, buka jendela Folder Options dan hapus ceklist pada "Show recently used files in Quick access" dan "Show frequently used folders in Quick access" kotak centang. Klik tombol "OK" untuk menyimpan perubahan.


8. Manfaatkan Search Bar

Pencarian File Explorer bawaan cukup kuat. Misalnya, anda dapat menggunakan search bar untuk menemukan file berdasarkan kata-kata, tanggal, ukuran file, ekstensi, wild card, dll. Saya sudah menulis postingan terperinci tentang cara menggunakan search bar File Explorer dan Cara Tag File di Windows Untuk Mempermudah Pencarian. Coba lihat.


Bagaimana menurut anda? Apakah membantu atau mempermudah and? Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan tips File Explorer di atas. Terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. GBU

Post a Comment for "8 Tips Windows File Explorer Yang Harus Anda Tahu"