Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Trik Command Prompt Yang Harus Anda Ketahui


Anda mungkin enggan untuk membuka command prompt karena berpikir bahwa anda harus memasukkan perintah yang rumit untuk mencari file atau menjalankan program. Kabar baiknya adalah bahwa hal itu sebenarnya tidaklah serumit yang anda pikirkan, dan jika anda memanfaatkannya dengan baik, itu bisa membuat hidup anda lebih mudah dan lebih baik.

Anda mungkin akan terkejut betapa singkatnya perintah itu sebenarnya. Tips-tips berikut akan membantu anda menyelesaikan berbagai hal dengan perintah yang mudah diingat.


1. Dapatkan Informasi Motherboard

Jika anda membeli PC pre-built, motherboard yang menyimpan semuanya di dalam mungkin akan menjadi sedikit misteri. Tetapi jika anda ingin memperbarui BIOS, mengganti motherboard, atau bahkan hanya keluar namanya, maka anda dapat melakukannya melalui command prompt. Cukup masukkan yang berikut ini:

wmic baseboard get product,version,serialnumber,product

Ini akan menampilkan semua informasi utama tentang motherboard anda.



2. Copy CMD Output ke Clipboard

Jika anda ingin berbagi informasi yang ditampilkan di command prompt anda dengan orang lain, mungkin agak sulit untuk mencoba mengambil tangkapan layar atau menyoroti semua yang dikatakannya. Sebagai gantinya, anda dapat menyalin output dari perintahanda ke papan klip Windows dengan perintah berikut:

| clip

Jadi jika anda ingin mengcopy semua info ipconfig anda ke clipboard, seluruh perintahnya adalah ipconfig | klip.

Anda kemudian dapat menempelkan informasi ke pengolah kata, email, forum online - dimanapun anda suka!


3. Perintah Cipher

Ketika anda "menghapus" file anda pada hard drive mekanis, mereka masih ada sampai ruang itu ditimpa dengan data baru. Itu bisa memakan waktu, tetapi dengan menggunakan perintah dibawah ini

cipher /w:c

data acak dituliskan di pada spasi itu dan pastikan file yang anda hapus benar-benar hilang.


4. Kelola Alamat IP Anda

Mengubah alamat IP anda bisa berguna karena berbagai alasan. Jika anda perlu mengubah milik anda, ketikkan

ipconfig /release
ipconfig /renew

Perintah pertama akan merilis alamat IP anda saat ini sementara perintah kedua akan mendapatkan alamat IP baru untuk mesin anda.

Membersihkan DNS komputer anda dapat digunakan saat situs mengubah alamat IP-nya sehingga anda tidak salah arah. Ketik perintah dibawah ini dan nikmati awal yang baru.

ipconfig /flushdns


5. Lihat Jika Paket Membuatnya ke Perangkat Tertentu

Dengan perintah ping anda dapat mengetahui apakah paket dikirimkan ke perangkat. Ketik saja

ping URL

atau

ping IP ADDRESS

(Ganti URL dan IP ADDRESS dalam perintah) dan paket akan dikirim. Jika anda mendapatkannya kembali, anda akan tahu semuanya bekerja dengan baik. Jika tidak, jelas ada sesuatu yang menghalangi.


6. Dapatkan Info Tentang Apa Artinya Perintah

Ini adalah perintah yang berguna jika anda baru saja mengetahui command prompt. Dengan mengetik perintah dibawah ini anda akan mendapatkan penjelasan dari perintah yang anda inginkan.

COMMAND/?

Ganti "COMMAND" dengan perintah yang sama seperti yang anda ingin pelajari lebih lanjut. Misalnya, untuk mengetahui apa yang dilakukan perintah ipconfig, masukkan

ipconfig/?


Command Prompt akan menunjukkan kepada anda perintah dan apa fungsinya.


7. Eksekusi Satu Perintah Tepat Setelah Perintah Lainnya

Jika ada berbagai perintah yang perlu anda masukkan, tip ini dapat menghemat waktu anda. Cukup ketik && di antara perintah dan duduk santai.


8. Menscan dan Memperbaiki File

Untuk menscan dan memperbaiki file di komputer anda, ketik

sfc /scannow

dan tekan Enter. Waktu untuk menyelesaikan perintah ini akan tergantung pada seberapa cepat komputer anda. Ini bisa dengan mudah memakan waktu hingga satu jam atau lebih.



9. Kelola Energi Komputer Anda

Ada berbagai hal yang dapat anda lihat di komputer anda dengan perintah powercfg. Misalnya dengan menggunakan perintah

powercfg /a

Anda dapat melihat status sleep komputer anda.

Powercfg juga dapat membiarkan anda melakukan hal-hal seperti:
  • powercfg /list - Menampilkan semua skema daya di lingkungan pengguna saat ini.
  • powercfg /energy - Setelah mengamati komputer anda selama 60 detik, itu akan membuat laporan HTML dengan data tentang seberapa efisien daya komputer anda.
  • powercfg /sleepstudy - Jika perangkat anda mendukung perangkat dan aplikasi InstantGo, anda dapat mempelajari mana yang membangunkan komputer anda dengan menggunakan perintah ini.
  • powercfg /query - Mengembalikan GUID subgroup pengaturan daya.

10. Assoc

File berafiliasi dengan program tertentu di Windows. Ketika anda membuka suatu program, file-file tertentu dibuka secara otomatis. Jika anda ingin mengaitkan file-file ini dengan program, anda dapat menggunakan perintah assoc.

Dengan mengetikkan assoc ke dalam command prompt, anda dapat melihat daftar asosiasi program dan ekstensi nama file. Katakanlah anda ingin file teks dikaitkan dengan sesuatu yang lain, ketik:

assoc.txt= "APPLICATION NAME"

(Ganti "APPLICATION NAME" dengan nama aplikasi yang tepat).


11. Sembunyikan Folder

Jika ada folder yang memiliki informasi sensitif, anda dapat menyembunyikannya dengan menggunakan perintah sederhana ini. Ketik drive dimana anda memiliki file ini dan kemudian ketik

attrib +h +s +r

Lalu masukkan nama folder yang ingin anda sembunyikan.


12. Dapatkan Daftar Driver Komputer Anda

Cari tahu apakah anda pernah menginstal driver itu dengan menggunakan perintah driverquery. Tekan Enter setelah anda mengetiknya dan anda akan melihat daftar setiap driver di komputer anda. Anda akan melihat info seperti Link date, Name dan Type.



13. Temukan Folder yang di Shared

Untuk melihat folder apa yang anda shared, cukup ketik perintah dibawah ini.

net share

dan tekan Enter. Perintah ini juga akan menunjukkan kepada Aanda nama mereka yang dibagikan.



14. Jalankan Perintah sebagai Administrator

Dengan perintah ini anda dapat menjalankan perintah apapun sebagai administrator bahkan jika orang yang menggunakan komputer tidak memiliki hak istimewa itu. Ketik

runas /user:yourdomainadministrator cmd

dan setelah melakukan beberapa perubahan.

Tambahkan nama domain asli anda dan administrator pengganti dengan nama pengguna sebenarnya dari seorang Administrator Domain. Ubah cmd dengan perintah yang ingin anda coba, dan anda dapat menjalankannya sebagai administrator terlepas dari siapa yang masuk.

Tambahan : Jika anda ingin tampilan Command Prompt seperti gambar judul artikel silahkan baca Kustomisasi Tampilan Command Prompt di Windows 10.

Dengan perintah-perintah ini, menggunakan command prompt akan menjadi jauh lebih mudah. Trik apa yang akan anda tambahkan ke daftar? Tinggalkan komentar anda dibawah dan beritahu saya. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "14 Trik Command Prompt Yang Harus Anda Ketahui"