Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amankan Akun Gmail Anda dengan Google Security Checkup Tool


Dengan adanya skandal privasi pada Facebook, orang-orang mulai khawatir bahwa aplikasi pihak ketiga mereka yang menggunakan Google dapat melakukan hal yang sama. Dengan adanya kekhawatira tersebut, pihak Google akhirnya menanggapi masalah tersebut dengan membuat alat pengecekan keamanan yang baru dan mudah digunakan.


Google Tidak Membaca Email Anda

Suzanne Frey, Director of Security, Trust, and Privacy untuk Google Cloud, mengatakan, "Untuk benar-benar jelas: tidak ada seorang pun di Google yang membaca Gmail anda, kecuali dalam kasus yang sangat spesifik dimana anda meminta kami untuk memberikan izin, atau dimana kami perlu untuk tujuan keamanan, seperti menyelidiki bug atau penyalahgunaan.”

Jadi sangat jelas bahwa Google tidak membaca email anda. Aplikasi pihak ketiga, di sisi lain, mungkin sangat baik. Pengembang aplikasi ini memiliki akses ke informasi apapun yang dikumpulkan oleh aplikasi mereka.

Namun, jika aplikasi ini mengumpulkan informasi itu, itu karena anda mengizinkan mereka untuk melakukannya.

Iya! Itu karena anda yang memberi izin.

Kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan keamanan saat mereka menggunakan internet. Ketika mereka mengunduh aplikasi, mereka mungkin hanya melewatkan membaca tampilan izin yang menunjukkan semua yang perlu diakses oleh aplikasi. Jadi, bantulah diri anda sendiri, dan baca pemberitahuan itu dengan hati-hati. Ini dapat memperkecil timbulnya banyak masalah nantinya.


Cara Menggunakan Aplikasi Google Security Checkup

Tapi bagaimana dengan aplikasi yang sudah anda pasang? Bagaimana anda dapat mengambil kembali kendali dan mengubah informasi yang mungkin dikumpulkan?

Menggunakan alat Google Security Checkup sangat mudah digunakan, dan dengan mengaksesnya, anda dapat melihat dengan tepat informasi apa yang dapat diakses setiap akses aplikasi. Ini memberi anda beberapa informasi berguna lainnya juga.

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke akun Google anda.

2. Navigasikan ke situs Security Checkup.

3. Jika anda melihat empat tanda centang hijau, maka akun anda memiliki risiko keamanan yang sangat rendah alias akun anda aman.


Namun anda mungkin masih memiliki aplikasi dengan akses ke akun anda, tetapi tampaknya tidak ada risiko nyata bagi privasi anda.

4. Untuk melihat lebih dekat aplikasi yang telah anda beri izin, klik kotak Third-party access.


5. Untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang aplikasi, klik ikon informasi (i) di samping nama aplikasi.



Apa yang harus dilakukan sekarang?

Jika aplikasi hanya memiliki akses ke informasi dasar, berarti hanya ada sedikit risiko bagi privasi anda. Ini dapat hanya berupa izin untuk mengakses preferensi bahasa anda, Google Drive, atau kalender anda,

Jika, setelah memeriksa izin, anda tidak merasa nyaman dengan aplikasi yang memiliki akses ke informasi anda, klik tombol Remove Access. Ini dapat menyebabkan aplikasi berhenti bekerja dengan benar. Jika anda masih ingin menggunakan aplikasi, dan anda memutuskan bahwa manfaat penggunaannya lebih besar daripada risiko pelanggaran privasi yang tidak diinginkan, anda selalu dapat memulihkan kembali aksesnya.

Anda juga dapat melihat izin yang telah anda berikan ke aplikasi pihak ketiga dengan masuk ke halaman akun anda. Ada juga tautan ke Security Checkup Tool di halaman ini.


Cara terbaik untuk menghindari masalah adalah dengan rajin membaca tentang keamanan saat mengunduh aplikasi. Periksa izin yang diminta aplikasi, dan jangan menginstalnya jika anda tidak nyaman dengan informasi yang ingin diaksesnya.

Bersikaplah rajin ketika anda mendownload aplikasi tersebut. Tetapi jika anda berpikir anda melewatkan sesuatu, ingatlah bahwa Security Checkup Tool tersedia untuk memeriksa privasi anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Amankan Akun Gmail Anda dengan Google Security Checkup Tool"